HETANEWS

Kantor Camat Lumban Julu Bersama TNI dan Polsek Gelar Gotong Royong Massal

Kegiatan gotong royong melibatkan pihak Kecamatan Lumban Julu, TNI dan Polsek setempat. (foto : Sitorus Mel)

Tobasa, hetanews.com - Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tengah bergotong royong me­nger­jakan pembersihan lokasi fasilitas umum seperti jalan maupun sarana dan prasarana tempat beribadah dipimpin Camat Alpharet Manurung dan seluruh perangkatnya, Selasa (7/3/2017).

Camat dan seluruh pegawai Kecamatan Lumban Julu,TNI dan Polsek berhasil membangkitkan semangat gotong royong (got­roy) ke­pada warganya dengan membangun kebersamaan dan semangat gotroy antar lembaga di daerah itu.

Dikatakan Camat, program Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 yang ada cukup besar. Sehingga salah satunya program pemerintah yang harus tetap dibudidayakan dan dipelihara adalah semangat gotroy.

“Hal itu kami lakukan untuk membangkitkan semangat gotroy di tengah-tengah masyarakat daerah kami,” kata Alpharet di sela kegiatannya memimpin gotroy .

Alpharet menambahkan, dengan adanya kegiatan secara gotroy tentunya sangat membantu  dalam menunjang pembangunan melalui swadaya masyarakat ,selain itu bisa menghemat pengeluaran anggaran.

Personil Polsek Lumban Julu yang terlibat dalam kegiatan gotong royong bersama. (foto: Sitorus Mel)

Seperti dalam mem­bersihkan lokasi  tersebut, yang seharusnya mengeluarkan dana dan mengalokasikan anggaran namun bisa menghemat biaya dengan cara gotroy.

“Jadi begitu hematnya anggaran yang dikeluarkan bila dila­ku­kan secara swadaya. Ini merupakan tujuan kami untuk mem­bangkitkan kembali sema­ngat gotong-royong di tengah-tengah masyarakat kami,” ujar Alpharet.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tobasa, Wasir Simanjuntak mengaku, dirinya merasa bangga kepada camat dan perangkatnya, bisa mengajak masyarakat  melakukan semangat gotroy.

Wasir me­ngatakan, ide untuk mem­bangkitkan se­mangat gotroy kepada ma­sya­rakat di sejumlah daerah dalam ke­camatan setempat, sebuah ke­inginan yang sedang digalakkan pemerintah..

“Semoga wujud membangkitkan semangat gotong-royong ini segera di­susul Kecamatan lainnya, dan bisa terus diperta­hankan oleh seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tobasa. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Camat Lumban Julu yang telah memperlihatkan tujuan baik terse­but kepada masyarakatnya,” kata Wasir.

Penulis: sitorus mel. Editor: aan.