HETANEWS.COM

Terbitkan IMB Perumahan Langgar RTRW, Esron Sinaga ‘Bungkam’

Plt Kepala DPMPTSP Siantar, Esron Sinaga.

Siantar, hetanews.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kwpala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Siantar 'bungkam' ketika coba dikonfirmasi awak media ini, perihal terbitnya izin mendirikan bangunan (IMB) yang melanggar peraturan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pesan singkat (SMS) yang dikirimkan ke nomor selulernya, Selasa (7/3/2017) pukul 14.41 WIB, sama sekali tidak berbalas hingga berita ini diterbitkan.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipimpin Esron Sinaga, yang sebelumnya bernama Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) tersebut, telah menerbitkan IMB kepada beberapa perumahan yang diduga telah menyalahi Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Siantar Nomor 1 Tahun 2013 tentang RTRW.

Penerbitan IMB yang menyalahi aturan tersebut, sebelumnya disampaikan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Siantar saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPRD Siantar, Senin (6/3/2017).

Setidaknya, terdapat 8 perumahan di Kecamatan Siantar Martoba yang melanggar RTRW, sehingga BPN Kota Siantar tidak mengeluarkan sertifikat hak milik.

SKPD dilarang menerbitkan IMB yang melanggar RTRW tertuang dalam UU Nomor 26 tahun 2007 Pasal 37 ayat 7 yang berisi "Setiap pejabat pemerintah yang berwenang menerbitkan izin pemanfaatan ruang dilarang menerbitkan izin yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang".

Dalam pasal 73 ayat 1 dan ayat 2 UU Nomor 26 Tahun 2007 tersebut, juga diatur sanksi pidana. Pada ayat 1, berbunyi "Setiap pejabat pemerintah yang berwenang yang menerbitkan izin tidak sesuai dengan rencana tata ruang sebagaimana dimaksud dalam pasal 37 ayat 7, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta”.

Ayat 2 “Selain sanksi pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pemberhentian secara tidak dengan hormat dari jabatannya.

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

Penulis: ndo. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!