Sat 20 Apr 2019

Pegawai Bank Sumut Kritis Ditabrak ‘Ular Besi’

Kondisi mobil Bank Sumut yang rusak parah usai ditabrak kereta api penumpang jurusan Rantau Prapat-Medan. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Melintas di perlintasan tanpa palang pintu, 1 unit mobil milik Bank Sumut dikemudikan Ganda Dwi Prajaya warga Jalan Sisingamangaraja, Kisaran, Kabupaten Asahan, ditabrak Kereta Api (KA) penumpang jurusan Rantau Prapat-Medan, Kamis malam (2/3/2017) sekira pukul 19.30 WIB.

Mobil minibus nomor polisi (nopol) BK1397 IG yang datang dari arah Jalan Marah Rusli (Mutiara) Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur menuju Jalan Agus Salim ditabrak si ‘ular besi’ saat akan melintas.

Kondisi mobil yang terbalikusai ditabrak kereta api. (foto: Heru)

Informasi yang dihimpun hetanews, warga sekitar sempat mengangkat tangan sembari memberitahukan kereta api akan melintas, namun tidak diperhatikan korban.

Dalam hitung cepat minibus itu lansung ditabrak kereta api. Ini menyebabkan mobil terseret kurang lebih 50 meter dari lokasi awal berhenti pada sisi kiri rel. Kendaran roda empat itu juga terbalik. 

Mobil Bank Sumut yang terseret sejauh 50 meter usai ditabrak kereta api. (foto: Heru)

Warga sekitar yang melihat kejadian bergegas beramai-ramai mencari tau keberadaan penumpang. Warga pun menemukan 1 orang di dalam kendaraan sembari meminta tolong . Melihat hal itu, warga segera membalikkan mobil yang terbalik

"Kami sudah menyetop mobil itu dan mungkin supir nya tidak melihat. Kejadiannya cepat bang. Saat kami lihat ternyata hanya 1 orang di dalam mobil,” ujar warga yang mengaku bernama Rudi.

Personil Sat Lantas Polres Asahan saat berada di lokasi kejadian. (foto: Heru)

Usai menyelamatkan korban, warga sekitar dengan menggunakan becak motor (betor) membawa ke Rumah Sakit (RS) terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Saat dirawat di salah satu RS di Jalan Sisingamangaraja, sekira pukul 21.00 WIB, korban dilarikan menuju salah RS di Medan. “Korban kritis bang sehingga dilarikan ke Medan,” ujar salah satu perawat yang enggan disebutkan namanya.

Proses evakuasi mobil dibantu warga sekitar. (foto: Heru)

Pantuan hetanews, evakuasi bangkai mobil sempat mengalami kesulitan. Ini diakibatkan mobil derek tidak bisa masuk ke lokasi mobil terlempar dan akhirnya berhasil dievakuasi sekira pukul 23.00 WIB .

Kasat Lantas Polres Asahan AKP Ricky Ramadan melalui Kanit Laka Ipda M Butar-Butar menuturkan, korban Ganda Dwy Wijaya merupakan pegawai Bank Sumut yang bertugas di Kecamatan Mandoge dan hendak pulang ke rumahnya di Jalan Sisingamangaraja. Namun korban terlebih dahulu mengantarkan supir mobil ke Gang Kelapa, Kelurahan Selawan yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Ratusan warga melihat kondisi mobil yang ringsek ditabrak kereta api. (foto: Heru)

“Kita duga korban tidak konsentrasi dan tak memperhatikan KA penumpang KU 47 jurusan Rantau Prapat menuju Medan dengan masinis Bina Jaksen, sehingga terjadi tabrakan di perlintasan tanpa palang pintu,” sebut Butar-Butar.

Penulis: heru. Editor: aan.