Asahan, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Sei Kepayang jajaran Kodim 0208/Asahan, Serka Supryono membantu membajak sawah salah satu warga Desa Bandar, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, yang merupakan Kelompok Tani (Poktan) Sahaja, Rabu (1/3/2017).

Babinsa dilibatkan untuk membantu Pemerintah dalam rangka mengawal program pertanian. Warga berharap agar kegiatan tersebut dilaksanakan secara berlanjut. Sehingga apabila terjadi suatu masalah warga bisa mengadu ke Babinsa. Ini arena warga sudah lebih akrab dengan Babinsa di Desa Bandar.

Serka Supryono membantu petani dalam mengolah lahan pertanian yaitu dengan cara membajak sawah. Dengan kehadiran Babinsa yang sedang melaksanakan komsos di sawah, masyarakat lebih senang dan bertambah akrab sambil mendengarkan pengarahan di sela-sela kegiatan membajak sawah.

Menurut Danramil 10/Sei Kepayang Kapten Inf Sangkot Purba, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah lahan sawahnya untuk percepatan masa tanam kedua.

“Selain itu para Babinsa juga selalu memonitor pekerjaan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya, serta membantu sesuai dengan kemampuannya. Ini agar bisa menanam padi dengan baik serta manghasilkan kualitas yang bagus,” papar Danramil.

Dengan adanya peningkatan swasembada pangan selama 2 tahun ke depan, Indonesia harus mencapai swasembada pangan yang cukup.

Dalam pengarahan Serka Supryono  menyampaikan, agar para petani lebih giat dalam pengolahan sawah. Dan apabila terjadi suatu permasalahan penyaluran pupuk agar dilaporkan pada pihak terkait.