HETANEWS

Fenomena Alam di Tapian Dolok, Ada Yang Bilang Suku Bunian?

Ilustrasi orang Bunian.

Simalungun, hetanews.com - Selama beberapa bulan ini muncul fenomena alam yang belum diketahui apa dan dari mana asalnya. Hal tersebut muncul setiap pukul 19.00 WIB hingga pukul 04.30 WIB, tepatnya di depan kantor Imigrasi Pematangsiantar, Jalan Medan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun berbentuk cahaya yang berkilau, namun tidak diketahui benda apa yang dapat memancarkan cahaya tersebut.

Setelah mendapatkan informasi adanya fenomena tersebut, hetanews mencoba menelusuri hal tersebut, Senin (27/2/2017) sekira pukul 00.00 WIB dan tampak masih banyak warga yang menyaksikan fenomena tersebut.

Dari amatan wartawan, memang tampak cahaya dari kejauhan. Berdasarkan penenturan warga sekitar cahaya tersebut, hal ini telah ada semenjak 2 bulan lalu. "Kalau mau lihat yang terang sekira pukul 19.00 WIB bang, terang kali, nah nanti hilang sekira pukul 04.30 WIB lah, pas Adzan subuh," sebut salah seorang pemuda.

Ditanya dari mana asalnya, pemuda tersebut menyebutkan, cahaya kemungkinan berasal dari Hutan Grombos yang berada di dekat daerah Serbelawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun. "Engga ada yang berani masuk ke dalam hutan itu bang, takut karena banyak mistisnya katanya," ucapnya.

Lebih jauh, apakah sudah ada yang mencoba mencari tahu keberadaan cahaya tersebut, pemuda itu mengatakan sudah beberapa kali orang yang mencoba mencari tahu, namun karena asalnya di dekat Hutan Grombos, tidak ada yang berani mendekati cahaya tersebut.

"Aku sih pernah ke sana tapi engga berani dekat, ada yang udah kesana juga katanya berbentuk bola terbang-terbang, sekarang aja ada 11 orang tadi mencoba ke sana, kita engga berani mendekat karena hutan grombos itu gelap kali, engga ada orang yang pernah ke sana," sebutnya.

Beberapa yang berspekulasi bahwa cahaya tersebut adalah cahaya milik Suku Bunian, seperti penuturan salah seorang warga.

"Kalau di tahun '64 sih daerah ini pernah ada, kalau magrib ada suara-suara musik, tapi itu suku Bunian katanya. Enggak tau yang ini apa. Kalau terang kali cahaya bentuknya kayak istana, orang Serbelawan aja dipikirnya cahaya dari sini (Tapian Dolok), padahal orang sini mikir cahaya dari Serbelawan," sebutnya.

Belum diketahui dari mana asal dan penyebab mengapa cahaya tersebut muncul. Dan pemandangan tersebut menjadi tontonan warga sekitar setiap harinya.

Penulis: tom. Editor: aan.