HETANEWS

Serda Safrin Bantu Petani Halau Hama Burung

Babinsa membantu membuat alat untuk mengusir burung. (Foto : Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Danramil 04/Kuala, Kapten Czi Himsar Siahaan mengungkapkan salah satu hama tanaman padi yang kadang menyulitkan petani adalah serangan burung pada masa padi mulai menjelang panen.

Jenis burung yang mengganggu adalah burung pipit, atau di beberapa daerah biasa disebut dengan burung emprit (Lonchura Leucogastra).

Jumlahnya bisa mencapai ribuan ekor dan menghabiskan bulir padi yang siap panen dalam waktu singkat. Banyak petani yang gagal panen atau kerugian besar saat panen. Kerugian yang dialami petani akibat serangan hama pengganggu burung pipit bisa mencapai 15-50 persen.

Berbagai cara dilakukan petani untuk bisa melawan burung pipit. Yang biasa dipakai petani untuk melawan burung pipit, meskipun terkadang hasilnya kurang efektif.

Pengendalian bisa bersifat mekanis dengan menggunakan alat-alat yang bisa pengusir burung atau secara biologis dengan menggunakan bahan-bahan tumbuhan atau buah-buahan yang “berbau” dan juga bisa secara kimiawi.

Pendampingan oleh Babinsa terhadap petani menerangkan, ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi beras yang selalu tinggi, membuat petani berlomba-lomba untuk menghasilkan produksi panen terbaik.

Salah satu upaya petani untuk meningkatkan produksi panen, salah satunya adalah mencegah atau menghalau hama burung yang sering memakan biji-biji padi sebelum di panen.

Hal ini disadari sepenuhnya oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Kuala, Serda Safrin jajaran Kodim 0203/Langkat melaksanakan pendampingan terhadap petani pada pelaksanaan penghalauan hama burung dan turun ke sawah mendampingi para petani.

Adapun untuk mengendalikan hama burung pipit yang menyerang padi di lahan persawahan milik Budi Ginting, anggota Kelompok Tani Metro dengan luas lahan 14 rante jenis padi IR 64 yang terletak di Dusun Pembangunan Desa Bekiong Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Kamis (23/02/2017).

Serda Safrin membantu membuat alat untuk mengusir burung serta menjelaskan hama burung pipit ini bisa dihalau dengan banyak cara selain dengan teriak dan peralatan sederhana seperti orang-orangan sawah.

"Sebenarnya banyak metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini. Dengan teriak dan membuat orang-orangan sawah, itu bisa. Namun akan lebih baik jika petani membuat alat sederhana yang bisa digerakkan dan alat itu yang mengeluarkan suara," ungkapnya.

Penulis: bt. Editor: aan.