Batubara, hetanews.com - Sebagai percontohan dan menginspirasi petani untuk segera memulai penggarapan lahan yang habis dipanen.

Karena Bintara Pembina Desa (Babinsa) ingin merubah pola pikir petani yang terkesan santai padahal mengejar waktu dan pencapaian target hasil panen adalah tujuan upaya khusus (upsus), mengingat air hujan bermanfaat, karena air dari irigasi yang ada tidak bisa mencukupi.

Babinsa Koramil 04/Talawi jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu Sahbudin pelaksanaan penyiapan lahan pertanian pada masa tanam II.

Babinsa ikut turun ke lapangan dengan tujuan agar para petani lainnya dapat mengikuti karena harus segera dilaksanakan pengolahan sawah terkait pelaksanaan percepatan dan upsus peningkatan ketahanan pangan.

Sawah yang menjadi sasaran penggarapan digunakan alat tradisional agar hasilnya maksimal seperti di Desa Sei Muka, Kecamatan Talawi, Kamis (23/2/2017).

Pada kesempatan tersebut Babinsa mengajak petani lain yang belum menggarap lahan sawah agar segera mengikuti Babinsa yang sudah memulai dengan memanfaatkan lahan.

Di samping itu juga bersama petani menyiapkan lahan untuk penebaran benih padi yang juga harusnya sudah dimulai sebelum penggarapan sawah.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sei Muka, Andri Mahmud mengucapkan terima kasih atas kerjasama Babinsa dalam pelaksanaan pendampingan selama ini yang telah menunjukkan hasil yang lebih baik.

"Penggunaan varietas terbaik seperti Ciherang dan metode tanam dengan menggunakan Jajar Legowo termasuk penggunaan pupuk bersubsidi dengan ketentuan yang telah disosialisasikan oleh Koramil 04/Talawi  bersama PPL dan harapannya kerjasama ini dapat ditingkatkan guna kepentingan masyarakat Desa Talawi," pintanya.