HETANEWS.COM

Musrenbang Siantar Martoba, Plt Sekda: ASN harus Jadi Teladan di Masyarakat

Plt Sekda Reinward Simanjuntak saat menyampaikan arahannya pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Siantar Martoba. (foto : Humas Pemko)

Siantar, hetanews.com - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar, Reinward Simanjuntak meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat menjadi contoh serta teladan bagai masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Contoh kecil, jangan ada ASN yang buang sampah sembarangan, karena masyarakat bisa meniru. Kita harus menjadi contoh, itu dulu awalnya,” tandasnya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantar Martoba, Selasa (14/2/2017).

Dihadapan jajaran tokoh masyarakat serta delegasi dari 7 kelurahan di Siantar Martoba, Reinward juga menghimbau agar dalam hidup bertetangga, ASN juga hendaknya menjadi pelopor pertama yang menjaga kebersihan. Karena jika pekarangan ASN terlihat kotor, maka masyarakat juga akan menilai, bahkan mereka akan ikut meniru. Karena itulah, pintanya, ASN harus benar-benar jadi contoh yang baik bagi warga sekitarnya.

Saat memberikan sambutan, Reinward menjelaskan, saat ini Pemerintah Pusat prioritas membangun kawasan Danau Toba. Diperkirakan ada sebanyak Rp 21 triliun dana akan dikucurkan untuk pembangunan kawasan tersebut.

Kota Siantar yang merupakan kawasan yang dekat dengan Danau Toba, harus dapat jeli untuk bisa memanfaatkannya. Sebab besarnya dana pembangunan kawasan destinasi wisata tersebut, akan turut menggeliatkanperputaran ekonomi masyarakat Siantar.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Siantar. Bila wisatawan akan berkunjung ke Danau Toba, mereka akan  melintas dari wilayah Siantar. Hal ini tentu menjadi peluang bagi sektor industri kuliner serta layanan jasa lainnya.

Para peserta Musrenbang Kecamatan Siantar Martoba. (foto: Humas Pemko)

“Ini tentu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi nantinya jika makin banyak hotel berdiri di kawasan Danau Toba, sebagai  kota terdekat tentu bisa menjadi pemasok bahan baku kebutuhan hotel, misalnya tissu, sandal dan lain sebagainya,” sebut Reinward.

Apalagi tahun 2017 ini direncanakan jalan tol Medan-Tebingtinggi akan selesai,dan tentunya berimbas ke Siantar. Jalur lalu lintas melalui Siantar akan makin ramai.“Maka kita harus bersiap menerima kedatangan para wisatawan dan bisa menjadi pelaku- pelaku ekonomi kreatif lainnya,“ katanya bersemangat.

Kepada peserta Musrenbang, Plt Sekda mengajak semua pihak untuk dapat saling bekerjasama mengkaji mana hal prioritas pembangunan. Bersama kecamatan lainnya,dihimbau agar tetap mengedepankan program prioritas yang menyangkut kepentingan rakyat banyak.

Camat Siantar Martoba, melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kota, Sahat Sitompul melaporkan, Musrenbang ini digelar untuk mengetahui realisasi Musrenbang sebelumnya, serta untuk mengetahui faktor penghambat sekaligus pendorong dalam menyelesaikan dan peningkatan program kerja selanjutnya.

“Peserta Musrenbang melibatkan berbagai unsur yakni Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), TNI/ Polri, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Karang Taruna, delegasi Kelurahan, Rukun Tetangga(RT), Rukun Warga (RW) Kepala Lingkungan (Kepling), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan unsur lainnya,” katanya.

Dalam Musrenbang ini masyarakat Siantar Martoba mengusulkan sejumlah program pembangunan yang prioritas mislanya, perbaikan dan penambahan lampu jalan, pengadaan lahan perumahan, perbaikan jalan, pembuatan drainase dan sebagainya.

Penulis: ndo. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!