HETANEWS.COM

Hotel Pelangi Parapat Disinyalir Caplok Bantaran Danau Toba

Pihak Kecamatan saat meninjau ke lokasi pembangunan Hotel Pelangi hingga mencaplok kawasan Danau Toba.

Simalungun, hetanews.com -  Pihak Hotel Pelangi Parapat, di Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun disinyalir mencaplok bantaran Danau Toba hingga mencapai lebih kurang 4 meter mengarah ke danau.

Kabar tak sedap menerpa pengusaha Hotel Pelangi di Jalan Singamangaraja Parapat, yakni pemilik salah satu show room Honda berdarah keturunan di Kota Siantar itu berhasil dihimpun, Selasa (14/2/2017).

Manik, salah satu warga sekitar kepada wartawan menyebutkan, aksi caplok bantaran Danau Toba pihak Hotel Pelangi itu mendirikan tembok tanpa plaster semen. Persisnya berada di depan sejumlah kamar inap di lantai 1.

Persisnya, kalau tak silap temboknya itu dibangun pada pertengahan tahun 2016 lalu. Sebenarnya sudah memakan bantaran Danau. Lebar temboknya ada sekira 15 meter terhitung batas hotel ke pembatas Pantai Bebas. Sebelumnya pemilik hotel itu yakni bermarga Pardede.

Bahan material untuk pembangunan Hotel Pelangi di Parapat. 

Sejak tembok hingga mentiadakan bibir pantai dibangun pihak hotel, para pengunjung yang hendak turun  kepantai menjadi kewalahan. Ironis, aksi merusak tatanan Danau Toba itu terkesan sama sekali tidak ditegur agar dilakukan pembongkaran.

Sebelumnya kepada wartawan, Camat Girsang Sipangan Bolon, James A Siahaan mengatakan, pihaknya sudah menyurati pihak pengelola hotel dan berharap agar pemilik Hotel Pelangi kooperatif. Dan membenarkan bahwa tembok milik hotel sudah memakan bibir pantai lebih kurang 4 meter.

Camat juga berharap agar pemilik Hotel Pelangi di jalan Singamaraja itu memperlihatkan dokumen yang di miliki. Ini guna mengetahui apakah ada dokumennya seperti dokumen Amdal (analisis dampak lingkungan) dan alas hak Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan