HETANEWS

Dana Sewa Rusunawa Tebingtinggi Katanya 'Raib' dan 'Rebutan' Oknum Tertentu

Lokasi Rusunawa I yanh dikelola Dinas PU Tebingtinggi. (foto : Ver).

Tebingtinggi, hetanews.com - Sejak dibangun, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) I di Jalan Syeh Beringin, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi ternyata kini menyisakan sejumlah tudingan miris.

Menurut informasi, Senin (13/2/2017), biaya sewa Rusunawa yang berada di samping Polsek Padang Hilir itu belum sepenuhnya menjadi 'penunjang' peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tebingtinggi setiap tahunnya untuk peningkatkan pembangunan. Malah kini menjadi 'beban' APBD setiap tahun berjalan.

Padahal, warga penghuni rusunawa dibebankan biaya sewa secara bervariasi dari lantai bawah hingga paling atas yang dikutip oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tebingtinggi melalui UPTD Rusunawa.

Bahkan, sejak difungsikan 8 tahun lalu, kini biaya sewa menjadi 'rebutan' oknum tertentu, bukan menjadi anggaran peningkatan di dinas itu sendiri.

Ada yang bilang, dana sewa rusunawa langsung disetor di Bank Sumut melalui oknum tertentu dengan nama katanya dana lain-lain. Artinya bukan menjadi dana segar bagi APBD di dinas tersebut untuk menjadi APBD Kota Tebingtinggi.

Kadis PU Kota Tebingtinggi, A Bakri Siregar ketika dikonfirmasi, kemarin, tidak mampu memberikan tanggapan seputar dana sewa rusunawa yang dikatakan 'raib'.

Sedangkan, Eri bidang keuangan di Dinas PU mengaku, dana sewa rusunawa masuk biaya lain-lain dan disetor langsung ke Bank Sumut, bukan ke Dinas Pendapatan Kota Tebingtinggi.

Sementara itu,Kadis Pendapatan Kota Tebingtinggi, Jefry Sembiring mengakui dengan tegas bahwa biaya sewa tidak pernah mereka terima sejak difungsikan dari Dinas PU setempat.

Isu berkembang, dalam setahun biaya sewa rusunawa dari 500 kamar mencapai Rp 2 niliar lebih pendapatan diterima oleh UPTD Rusunawa Tebingtinggi.

Kemana dana itu kini menjadi tugas penyidik hukum mampu atau tidak untuk mengungkap isu miris itu selama 8 tahun perjalanan mata anggaran.

Penulis: ver. Editor: aan.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.