HETANEWS

Danramil Kodim 0207/Simalungun Rapat Posko Ketahanan Pangan

Para Danramil saat mengikuti rapat posko pertanian. (foto : Penrem 022/PT).

Simalungun, hetanews.com - Para Danramil jajaran Kodim 0207/Simalungun melaksanakan rapat posko pertanian atau ketahanan pangan yang dihadiri UPTD Pertanian, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan unsur-unsur terkait.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kota Siantar, Robert Pangaribuan itu disebutkan peran serta pemerintah dan kelompok tani (koptan) sangatlah penting, khususnya lahan pertanian, Rabu (1/2/2017).

Kadistan menuturkan, dengan adanya program ini diharapkan dukungan TNI melalui Dandim, Koramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menggerakkan serta memotivasi petani untuk melaksanakan pola tanam serentak, pengamanan penyaluran benih, pupuk maupun alat dan mesin pertanian (alsintan).

"Sinergitas antara kelompok tani (koptan), pemko dan TNI perlu ditingkatkan terus. Termasuk senantiasa melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan dan teknologi tepat sasaran," ujar Kadistan.

Menurutnya, yang terpenting dari kegiatan ini koordinasi antara pemko, koptan dan TNI sesuai dengan aturan pertanian yang dijadikan simpul. Apalagi TNI sudah menjadi program Panglima TNI untuk membantu terciptanya swasembada pangan.

"Kita harus bersama- sama saling dukung mendukung kerja sama ini. Semua yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebut Robert.

Tujuan posko ini menyatukan persepsi meningkatkan motivasi dan kinerja kelompok tani, sektor pertanian, perikanan dan peternakan, serta diharapkan dapat berjalan lancar dan aman.

Penulis: bt. Editor: aan.