HETANEWS.COM

Dilantik, Ini Pesan Gubsu dan Harapan JR Saragih pada Amran Sinaga

Gubsu Tengku Erry Nuradi saat melantik Amran Sinaga sebagai Wakil Bupati Simalungun.

Medan, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Bupati (Wabup) Simalungun terpilih Amran Sinaga, Kamis (2/2/2017) di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan.

Gubsu berharap Amran bisa menyesuaikan dan berakselerasi memberi kinerja yang baik untuk mendukung pencapaian visi dan misi daerah bersama Bupati JR Saragih.

“Saya berharap Wabup bisa menyesuaikan diri sehingga keberadaan saudara bisa memberi akselerasi kinerja yang baik mendukung pencapaian visi dan misi bupati, terlebih dengan pengalaman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tentu tidak akan kesulitan memahami tugas pemerintahan,” ujar Tengku Erry.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Simalungun JR Saragih, unsur FKPD Kabupaten Simalungun, DPRD Simalungun dan SKPD Provinsi Sumut.

Amran Sinaga sedianya dilantik besamaan dengan Bupati SimalungunJR Saragih pada 22 April 2016 lalu, namun tertunda karena menghadapi persoalan hukum.

Dijelaskan Gubsu, prosesi pengambilan sumpah jabatan Wabup ini merupakan bagian dari pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang harusnya dilaksanakan serentak 9 Desember 2015. Namun sempat tertunda dan baru pada 22 April 2016 dapat dilaksanakan.

Namun pada pelantikan dilaksanakan pada 22 April 2016 yang dilaksanakan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak dapat dilakukan secara berpasangan. Sehingga hanya bupati yang dilantik tanpa didampingi oleh wabup, karena masih adanya permasalahan hukum.

“Pada saat ini, Alhamdulillah persoalan hukum sudah dapat diselesaikan, baru pada hari ini bisa dilaksanakan pelantikan wabup,” jelasnya.

Menurut Tengku Erry, patut disyukuri karena lebih kurang setahun tugas-tugas pemerintahan harus diemban bupati sendiri, namun sekarang sudah dapat berbagi tugas.

Gubsu berharap Wabup dapat segera bisa menyesuaikan diri..Gubsu juga mengingatkan Amran soal tugas Wakil Kepala Daerah, antara lain membantu kepala daerah memimpin pelaksanan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Selain itu, wakil juga mengkoordinasikan kegiatan pemerintah daerah dan menindaklanjuti laporan dan atau temuan pengawas, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah mulai tingkat desa/kelurahan sampai kabupaten.

Bupati JR Saragih tampak menangis usai pelantikan Amran Sinaga sebagai Wakil Bupati Simalungun.

Sementara Bupati JR Saragih mengucapkan selamat kepada Amran Sinaga dan seluruh keluarga yang sudah tabah dan sabar yang berujung kepada pelantikan mejadi Wabup Simalungun.

"Kita mengetahui, sudah banyak yang dilalui pak Amran Sinaga mulai dari pencoretan sampai dilantik menjadi Wabup Simalungun, dan beliau tetap tabah tanpa menuntut pemulihan nama baik," kata JR Saragih.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Simalungun yang telah mendukung dan mendoakan dirinya dan Amran Sinaga, dan memberikan support moril kepada JR-Amran.

"Putusan Mahkamah Agung (MA) itu bukan karena kehebatan Pak Amran dan saya, tetapi ini adalah kehebatan doa masyarakat Simalungun, sehingga yang benar itu adalah benar seperti motto dari Kabupaten Simalungun Habonaron Do Bona," ujarnya.

JR Saragih juga berterimakasih kepada Mendagri yang telah mengeluarkan tindakan dari hasil keputusan MA untuk menjadikan Amran Sinaga menjadi Wabup Simalungun.

"Saya juga berterimakasih kepada Gubsu yang sudah meringankan langkah untuk melantik Amran Sinaga sebagai Wakil Bupati Simalungun," katanya.

Terakhir. JR Saragih menaruh harapan kepada Amran Sinaga agar bisa bekerjasama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke masyarakat, saling mendukung, mendorong dan tukar pikiran, sehingga Pemkab Simalungun bisa lebih eksis di tengah masyarakat, mengambil keputusan dan mengambil kebijakan dalam rangka memberi pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat Simalungun.

sumber: medansatu/tribunnews

Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan