Siantar, hetanews.com - Raden Andik Jaya Prawira (73) atau Kang Andik yang bersepeda keliling Indonesia dari Banten sejak 16 September 2014, Jumat (13/1/2017) tiba di Balai Kota Siantar. 

Kedatangan kakek 12 orang cucu alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Bogor Tahun 1964, warga Banjarmasin ini diterima langsung Penjabat (Pj) Wali Kota, Anthony Siahaan, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Reinward Simanjuntak dan Plt Kepala Badan Keuangan Daerah, Adiaksa Purba. 

Sesuai dengan misinya yang telah berkeliling ratusan kota/kabupaten di Indonesia ini untuk kampanye pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, kakek yang lebih dikenal dengan Kang Andik ini bersama Pj Wali Kota, Plt Sekda dan Plt Badan Keuangan melakukan penanaman pohon di depan Kantor Dinas Pendapatan, kompleks Balai Kota. 

“Kita harus menyadari, bahwa kelestarian alam terutama hutan merupakan warisan berharga bagi anak cucu kita kedepan. Saya senang, seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota bersama Pimpinan DPRD yang saya temui, komit untuk menjaga kelestarian hutan. Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada alam dan generasi kita ke depan,” katanya dalam sambutan singkat di Ruang Data Balai Kota.  

Pj Wali Kota Anthony Siahaan dan Kang Andik salam komando didampingi Plt Sekda Reinward Simanjuntak dan Plt Kepala Badan Keuangan Daerah, Adiaksa Purba. (foto: Humas Pemko).

Pj Wali Kota mengapresiasi aksi Kang Andik yang juga punya misi untuk mengunjungi para alumni SKMA dan Rimbawan Indonesia di seluruh rute yang dilintasinya. Anthony juga mengucapkan selamat datang di Siantar yang sejuk dan nyaman serta tak jauh dari Danau Toba ini. 

"Semoga Kang Andik bisa menikmati kesejukan hawa di sini sembari nanti melintas ke Danau Toba dan keliling Pulau Samosir dan nantinya menyeberang sampai ke Pulau Nias. Kami mendukung misi Kang Andik yang komit untuk pelestarian lingkungan dan hutan. Semoga tetap sehat dalam lindungan Tuhan dalam menjalankan misi bersepeda keliling Indonesia,” ujarnya. 

Kedatangan Kang Andik ke Balai Kota didampingi komunitas Siantar Cycling Club (SCC) yang dipimpin Ketua (Yosi Putranto) dan Sekretaris (Basuki Rahmat). Turut juga mendampinginya, para pengurus alumni SKMA Cabang Siantar yang dipimpin Ketuanya, Yanthes Donniko