Siantar, hetanews.com - Aksi demo tergolong dilakukan para mahasiswa/I yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Simalungun (USI), Kamis (12/1/2017).

Sebelumnya demo para mahasiswa ini terkait kenaikan harga yakni Bahan Bakar Minyak (BBM), biaya administrasi pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Para mahasiswa melakukan aksi di kampusnya, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Sitalasari.

Pertemuan antara mahasiswa USI dengan Forkopimda. (foto: Tommy)

Awalnya mereka menyampaikan aspirasi tepat di depan Kampus USI. Usai menyampaikan aspirasi, kemudian mereka melakukan pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolres Siantar AKBP Dody Darjanto, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) M Masril dan perwakilan Pemko Siantar Pardamean Silaen. 

Dalam pertemuan yang dilakukan di aula USI, mahasiswa menyampaikan aspirasi mereka langsung kepada Forkopimda. Seperti salah seorang mahasiswi Yuri Panjaitan, jika mereka mempertanyakan atas kenaikan harga BBM.

“Harga BBM yang melambung tinggi menyusahkan masyarakat, bukan hanya orang-orang saja, kita juga sebagai pengguna kendaraan turut merasakannya,” sebutnya. 

Salah seorang mahasiswi USI mempertanyakan kenaikan harga BBM.(foto: Tommy)

Rektor USI Marihot Manullang menuturkan, aksi ini membuktikan bahwa mahasiswa memiliki kesantunan dalam menyampaikan aspirasinya. “Menyampaikan aspirasi itukan enggak perlu harus anarkis, nah kita memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya,” sebut Marihot.

Selain itu kata Marihot, seluruh rektor di Indonesia akan melakukan pertemuan dan aspirasi dari mahasiswa tersebut akan disampaikan melalui pertemuan tersebut.

“Memang nanti ada pertemuan rektor se Indonesia dan kebetulan dari Sumatera Utara (Sumut) ada dua yaitu saya sendiri dan rektor UISU. Di sana nanti akan kita sampaikan aspirasi dari mahasiswa,” ucapnya ketika diwawancarai wartawan.

Usai melakukan pertemuan, para mahasiswa dengan Forkopimda berfoto bersama dan saling menjabat tangan.