HETANEWS.COM

Meski Bayar Mahal, Pengurusan Sertifikat Prona 'Dijatah' BPN Labuhanbatu

Junior Wandi Sinaga. (foto : BS).

Labuhanbatu, hetanews.com - Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk memberikan pelayanan penerbitan sertifikasi tanah bagi masyarakat golongan ekonomi menengah hingga ke bawah. 

Untuk pengurusan sertifikasi tanah melalui prona tersebut, pemerintah membebaskan biaya pengurusannya atau gratis. Dalam prakteknya, ternyata masyarakat pemohon sertifikat Prona tetap harus mengeluarkan biaya pengurusan yang besarnya bervariasi.

Seperti yang terjadi di Desa Sennah Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu. Dalam pengurusan sertifikat Prona, diduga warga dikenakan biaya Rp 1,5 2,5 juta. Walau demikian, antusiasme warga cukup tinggi dalam hal kepemilikian sertifikat Prona tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sennah Horas Lumban Gaol, saat dimintai tanggapan terkait hal itu melalui selularnya mengatakan, dalam pengurusan sertifikat Prona dirinya kenakan biaya kepada masyarakat sebesar Rp 1,5 juta. Dan itu disetor ke BPN sebesar Rp 1 juta untuk biaya ukur dan Rp 500 ribu untuk dirinya disebut sebagai biaya administrasi internet. 

Horas mengatakan, meski antusias masyarakat tinggi terhadap sertifikat prona, pihak BPN Labuhanbatu menjatah hanya sebanyak 15 pemohon bagi desanya, Senin (9/1/2017).

“Tahun 2016 hanya 15 sertifikat, katanya (BPN,red) tidak ada jatah, untuk uang ukur mereka minta Rp 1 juta semua dan saya ambil Rp 500 ribu untuk uang internet,” sebut Horas.

Junior Wandi Sinaga, warga sekitar, juga dikenal seorang tokoh pemuda mengatakan, saat mengurus sertifikat Prona miliknya, dikenakan biaya sebesar Rp 2,5 juta dan disetor kepada H Napitupulu, yang merupakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sennah.

Terkait hal itu, pihak BPN Labuhanbatu dan Ketua BPD Desa Sennah belum dapat dikonfirmasi untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Penulis: bs. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan