HETANEWS.COM

Munculnya Perwa Penyebab Stagnasi Pemerintahan Siantar

Anggota DPRD Kota Siantar Asrida Sitohang. (foto : Tommy).

Siantar, hetanews.com - Munculnya Peraturan Wali Kota (Perwa) yang dikeluarkan Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar, Anthony Siahaan sebagai tindak lanjut peraturan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah masih menjadi polemik.

Menurut salah satu anggota DPRD Kota Siantar Asrida Sitohang, bahwa dengan dikeluarkannya Perwa oleh Pj Wali Kota maka bersangkutan yang membuat stagnasi pemerintahan.

Namun Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Reinward Simanjuntak menyebutkan, Perwa tersebut telah diekseminasi oleh Gubernur dengan tujuan agar tidak tidak stagnasi pemerintahan di Kota Siantar.

Usai rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan Fraksi di DPRD Siantar, Kamis (5/1/2017), anggota dewan Asrida Sitohang diminta tanggapannya terkait dikeluarkannya Perwa, menyebutkan bahwa Pj Wali Kota terlalu terburu-buru dalam mengeluarkannya.

"Saya rasa Pj Wali Kota itu terburu-buru dan tergesa-gesa. Ngapain dia (Pj Wali Kota) buat Perwa. Justru dengan keluarnya Perwa ini, Pj Wali Kota lah yang membuat stagnasi seperti yang dia katakan," sebutnya.

Politisi Partai Demokrat ini menilai, dengan keluarnya Perwa tersebut maka terjadi stagnasi di pemerintahan. Asrida beralasan, karena dengan keluarnya Perwa tersebut, maka seluruh pejabat akan didemisionerkan, sehingga terjadi kekosongan jabatan.

"Di media, Pj Wali Kota katakan agar tidak terjadi stagnasi. Tetapi saya katakan dia tidak berpengetahuan, kenapa jika sudah mendemisionerkan para pejabat, maka diangkatlah Plt. Begitu didemisionerkan, maka langsung kosong jabatan itu, kan Pj Wali Kota tinggal hanya menunjuk pelaksana saja. Ini (paripurna) saja tidak hadir. Seharusnya hadir mendengarkan pandangan fraksi," jelasnya.
 

Penulis: tom. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan