HETANEWS

SPBU Tebingtinggi Jalan Gatot Subroto Legalkan Jualan Pakai Jerigen

Deretan jerigen di SPBU Jalan Gatot Subroto, Tebingtinggi.

Tebingtinggi, hetanews.com - Tampaknya pihak PT Pertamina tidak berdaya dalam menindak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14202154 di Jalan Gatot Subroto Km 4 Kota Bayu, Kota Tebingtinggi yang selalu menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada pembeli dengan pakai jerigen.

Bahkan terkesan Pertamina dan pihak Kepolisian dalam kondisi ini melegalkan SPBU menjual BBM tanpa mendapatkan tindakan.

Sebab praktek ini telah berjalan selama 2 bulan.
Dimana, SPBU itu 'berdagang' BBM kepada pembeli pakai jerigen dengan cara gelap-gelap, baik pada malam hari dan dini hari dengan kondisi lampu dipadamkan. Hal ini terjadi, Senin (2/1/2017) sekira pukul 19.00 WIB 

Sekedar diketahui, dulunya SPBU itu dikelola Koperasi PTPN IV Kebun Pabatu dan kini telah beralih ke penggelola yang baru. Namun tetap melaksanakan penjualan BBM pakai jerigen yang dilarang Pertamina.

Padahal, ada kabar 2 bulan lalu dari Pertamina, yang menggalakkan larangan menjual BBM jenis premium dan solar kepada pengecer. Itu diungkapkan oleh Marketing Branch Manager Pertamina, Dody Prasetya.

Dody lewat surat resminya yang diterbitkan 20 Juli 2016 menegaskan, SPBU hanya diizinkan menjual premium dan solar kepada konsumen akhir. Sedangkan menjual kepada pengecer atau pembeli yang membawa jeregen maupun drum dilarang keras.

Sedangkan untuk BBM jenis lainnya seperti pertalite, pertamax, pertamax plus, dexlite dan dex sama sekali tidak disinggung di dalam surat yang artinya masih diperbolehkan untuk dijual secara eceran.

Penulis: ver. Editor: aan.