HETANEWS

Kadisdik Taput Kena OTT, Uang Rp 100 Juta Diamankan

Kadisdik Taput, Jamel Panjaitan.

Taput, hetanews.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jamel Panjaitan, diciduk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dari Mabes Polri, Polda Sumatera Utara (Poldasu) dan Polres Taput, Rabu (21/12/2016).

Jamel diciduk dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) sekira pukul 09.40 WIB. Saat dilakukan penggeledahan, di rumahnya petugas mengamankan uang sebanyak Rp 100 juta. Dari rumah sang kadis, turut diamankan 2 orang Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dari Sipahutar dan Pangaribuan.

Pantauan setelah diamankan dari rumahnya, Jamel Panjaitan lalu dibawa ke Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Taput, Jalan Raja Johannes Hutabarat. Di kantor itu, petugas kembali memeriksa ruangan bagian keuangan dan kadis.

Petugas juga telihat memeriksa dan menginterogasi sejumlah pegawai di ruangan keuangan. Tiga jam kemudian, petugas membawa Jamel Panjaitan ke Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Kekayaan dan Aset Pemkab Taput. Namun tak lama di kantor itu, Jamel langsung dibawa ke Mapolres Taput. 

Seorang petugas yang ditanya mengatakan, OTT ini dilakukan Tim Saber Pungli Mabes Polri. “Kita masih melakukan pengembangan dan penyelidikan, ya. Nanti kita konferensi pers. Jadi sabar ya,” ucap petugas tersebut.

Informasi yang beredar menyebutkan, penangkapan Jamel Panjaitan dan 2 Kepsek SMAN tersebut, terkait setoran uang dari sejumlah kepsek yang berasal dari berbagai kegiatan dan proyek di Disdik Taput.

Kapolres Taput AKBP Dudus Harley Davidson SIK melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing mengatakan, pihaknya dalam hal ini hanya memfasilitasi Tim Saber Pungli dan membantu tim penyidikan.

Hingga berita ini diturunkan, Jamel Panjaitan bersama beberapa kepsek masih diperiksa di Mapolres Taput. 

sumber: medansatu

Editor: aan.