HETANEWS

Ini Daftar Prestasi Hulman Sitorus Sebagai Wali Kota Siantar

Pj Wali Kota Anthony Siahaan menyematkan sang merah putih di peti jenazah Hulman Sitorus.

Siantar, hetanews.com - Prosesi pengangkatan peti jenazah almarhum Hulman Sitorus ke gereja dan langsung dikebumikan di Perkuburan Kristen, Jalan Laguboti, Kecamatan Siantar Selatan, Sabtu (10/12/2016) dilaksanakan Pemko Siantar dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota, Anthony Siahaan.

Sebelumnya dipaparkan prestasi dari almarhum Hulman Sitorus selama dirinya menjadi Wali Kota Siantar periode 2010-2015.

Yang membacakan riwayat hidup dan prestasi Hulman Sitorus adalah Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Reinwart Simanjutak. Reinwart menyebutkan, bahwa di tahun 2011 Hulman Sitorus mendapatkan Pin Emas fasi kedelapan tingkat nasional yang diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selanjutnya di tahun 2012 istri dari Hulman Sitorus, Rusmiati Rumanna Boru Pardosi dinobatkan menjadi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tahun 2013, Kota Siantar mendapatkan penghargaan Tim Pemantauan dan Pengedali Inflasi Daerah (TPID) terbaik se Sumatera Utara dalam pengendalian inflasi pangan yang diberikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa.

Di Tahun 2013, Kota Siantar mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana di bidang Keluarga Berencana yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujonugroho.

Penghargaan berikutnya, menerima Anugrah Adipura untuk Kategori Kota Sedang pada tahun 2013 yang diberikan langsung oleh Presiden SBY. Tahun 2013 Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba meraih Juara I bidang lomba desa tingkat nasional. Di tahun yang sama, Kelurahan Sumber Jaya juga mendapatkan penghargaan Bakti Praja Muda sebagai juara harapan desa perlombaan desa tingkat nasional.

Tahun 2014 di Bidang Koperasi, Hulman menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi di Mataram, 2014 memperoleh Pin Emas fasi kedelapan di Bandung. Berlanjut tahun 2014 meraih Satya Lencana Pembangunan Mikro Usaha Menengah Kecil di Lapangan Benteng, Medan. Prestasi lainnya di tahun 2014 meraih penghargaan dari Mendikbud) dan Menteri Lingkungan Hidup atas 6 sekolah di Siantar dalam pengelolaan sampah. 

Dalam amanahnya, Anthony Siahaan menyebutkan, bahwa almarhum Hulman Sitorus merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat. Menurutnya, ini melihat banyak masyarakat yang hadir, jika Hulman merupakan sosok yang dekat dan ramah dengan masyarakat.

Selanjutnya membentangkan Bendera Merah Putih di peti jenazah almarhum Hulman Sitorus yang langsung dilakukan oleh Pj Wali Kota Anthony Siahaan sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Camat Siantar Utara Junaidi Sitanggang menjadi Komandan Upacara. 

Uniknya pada saat meletakkan Bendera Merah Putih di peti jenazah almarhum, tiba-tiba hujan langsung turun. Hujan pun berhenti ketika almarhum hendak diantarkan ke gereja hingga prosesi pemakaman.

Penulis: tom. Editor: aan.