HETANEWS.COM

Menurut Polisi, Ini Jenis Pungutan di Sekolah, Diluar itu Pungli

Tarian Tor-tor Somba membuka acara sosialisasi Peraturan Presiden No 87/2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Siantar, hetanews.com – Pihak kepolisian melalui Polres Siantar bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Siantar memberikan materi penjelasan tentang pungutan liar (pungli) dan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam sosialisasi Peraturan Presiden No 87/2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Sosialisasi yang digagas oleh Forum Komunikasi Komite SMA/SMK Kota Siantar ini dilaksanakan di aula SMAN 4 Siantar, Jalan Pattimura, Rabu (9/12/2016). Tampak hadir, pihak Polres Siantar diwakili Kasat Binmas, AKP M Yusuf Surbakti bersama KBO Reskrim, Iptu Junjungan Simanjuntak dan didampingi beberapa personil Tipidkor.

Sementara itu, dari Kejari Siantar dihadiri oleh Kajari, M Masril, Kasi Intel, Jeferson Hutagaol, Kasi Pidum, Albert Pangaribuan, Kasi Pidsus, Herianto Siagian dan Jaksa Fungsional, Ana Lusiana. Sedangkan peserta yang hadir terdiri dari kepala sekolah dan komite sekolah baik dari jenjang SLB, SD, SMP, SMA dan SMK Negeri maupun Swasta se Kota Siantar.

Dari pihak Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dispenjar) Kota Siantar diwakili oleh Tolopan Doloksaribu selaku Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen). Jansen Napitu, Ketua Forum Komunikasi Komite SMA/SMK Kota Siantar, yang menggagas sosialisasi tersebut mengatakan bahwa forum yang dibentuknya tersebut sudah ada sejak tahun 2015.

“Sosialisasi ini juga merupakan hasil prakarsa dari pihak sekolah SMA maupun SMK. Kami ingin mengetahui bagaimana itu Saber Pungli, apakah ucapan terima kasih yang diberikan dalam bentuk uang akan disebut Pungli?. Kemudian bagaimana untuk para kepala sekolah yang mendapat surat permohonan untuk keterbukaan informasi yang mana dikenakan dengan UU No 14 tentang KIP,” tanyanya.

Kabid Dikmen Dispenjar Kota Siantar, Tolopan Dolok Saribu sangat mendukung acara sosialisasi tersebut yang mana nantinya para pihak sekolah mendapat informasi yang jelas tentang Pungli maupun tipikor. Kajari Siantar, M Masril kemudian melakukan pemukulan Gong sebagai tanda sosialisasi resmi dibuka.

Kasat Binmas, AKP M Yusuf Surbakti yang menjadi pemateri pertama dalam sosialisasi tersebut menerangkan bahwa agar mereka semua pihak satu persepsi mengenai arti pungli. Dijelaskannya bahwa Pungli adalah kegiatan memungut biaya secara paksa kepada orang lain yang masuk dalam kategori pidana. Itu artinya, pungutan yang seharusnya tidak ada tapi menjadi ada.

“Adapun tugas Satgas Saber Pungli yakni melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan optimal pemanfaatan personilsatuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada dalam kementrian lembaga maupun pemerintah daerah.

Yang menjadi sasaran adalah Sentra Pelayanan Publik Kementrian maupun lembaga daerah. Fungsi dari Satgas Saber Pungli ini adalah intelijen,pencegahan, penindakan dan yustisi,” kata Yusuf.

Agar tidak ada pungli, dijelaskannya itu diawali dari niat untuk tidak melakukan, niat untuk membangun ke arah yang bagus. Apakah melakukan pungutan itu keinginannya untuk membangun atau niat lain. Apabila niat membangun dan bukan masuk kantong pribadi, hal itu sudah benar. 

“Tapi saya tidak bisa artikan apakah itu pungli atau tidak. Karena ada dalam proses satgas pungli. Harus melalui proses. Segudang pun Undang-Undang kalau ada niat untuk tidak baik, itu sia-sia,” singkatnya.

Ia pun mengungkapkan jenis pungutan di sekolah yakni pembayaran SPP, sumbangan pembangunan, biaya daftar ulang, biaya seragam sekolah, biaya les, iuran ulang tahun sekolah, biaya ujian semester dan tengah semester serta pembelian buku LKS.

Ia pun mencontohkan bahwa sentra pelayanan publik adalah salah satu sasaran dalam pemberantasan Pungli. Ia pun menilai bahwa ada niat untuk membangun mutu pendidikan, mungkin beberapa pihak tidak akan merasa keberatan. Tapi, apabila ada mengumpul dana, ia menyarankan agar sesuaiSOP yang dibenarkan agar tidak ada keraguan dalam melakukan kegiatan.

Penulis: ndo. Editor: ebp.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!