HETANEWS

Alumni SMPN 2 Lumban Julu Aksi Gerakan Penghijauan 

Penyerahan bibit pohon dari Alumni Angkatan 2000 pada pihak SMPN 2 Lumban Julu. (foto : Maria)

Tobasa, hetanews.com- Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 2 Lumban Julu bersama Yayasan Eden yang diketuai Marandus Sirait bekerjasama dengan Bank Sumut salurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) penghijauan Bank Sumut di sekolah yang terletak di Desa Lumban Lobu Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) akhir pekan lalu.

Peduli lingkungan salah satu program alumni SMPN 2 Lumban Julu angkatan tahun 2000. Alumni itu dibentuk pada bulan Juni 2014 diketuai Darwin Sinurat (Tobasa), Sekretaris Hotma Sitorus (Jakarta) dan Bendahara Ratna Sitorus (Kalimantan).

Menurut Darwin, wadah itu dibentuk sebagai sarana menjalin persatuan dan kebersamaan alumni dalam meningkatkan kegiatan karya nyata yang berdampak positif bagi keluarga, masyarakat, lingkungan dan khususnya keluarga besar SMPN 2 Lumban Julu pada bidang bantuan sosial, kerohanian dan penggagasan penghijauan.

Bersama Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 2 Lumban Julu Henry Nelson Simanjuntak ,seluruh guru maupun staf pegawai, Marandus Sirait, Darwin Sinurat didampingi  Medi Manurung, Mekar Sinurat dari alumni 2003, Komite Sekolah Godman Tambun dan Regen Sitoru adakan penghijauan yang direncanakan secara bertahap di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Darwin menerangkan, penghijauan lingkungan merupakan agenda alumni. "Khusus untuk penghijauan kita berharap agar membawa dampak positif bagi proses belajar dan mengajar di sekolah,"' paparnya.

Diakuinya meski wadah Alumni 2000 masih tergolong baru dibentuk, namun sudah banyak yang mereka lakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan daerah itu, baik itu dalam kegiatan sosial dan pendidikan.

Ditambahkan Darwin, penghijauan ini akan berdampak positif dan hasilnya akan maksimal dirasakan 5 atau 6 tahun kedepan. Gerakan tersebut juga diyakini untuk kelangsungan hidup anak cucu di masa mendatang mengingat Indonesia salah satu paru-paru dunia.

"Alumni angkatan 2000 akan terus berupaya menyelamatkan kerusakan lingkungan khususnya daerah itu dengan menggalakkan penghijauan di lingkungan sekitar. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari Yayasan eden dan dana CSR penghijauan Bank Sumut," katanya.

Marandus Sirait sebagai pengadaan tanaman dana CSR penghijauan Bank Sumut mengucapkan terima kasih dengan pro aktifnya alumni SMPN 2 Lumbann Julu dalam hal penanaman pohon-pohonan di areal sekolah. 

"Atas nama Yayasan Eden pengelola dana CSR penghijauan Bank Sumut saya mengapresiasi stambuk 2000, kegiatan ini diyakini memberi manfaat bagi kita semua sebagai upaya penghijauan lingkungan," ujar Marandus.

Menurut Kepsek SMPN 2, Henry Simanjuntak, gerakan penanaman pohon ini memberi contoh yang baik bagi siswa /i sebagai generasi muda bangsa untuk mengkampanyekan pentingnya melestarikan alam.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan gagasan alumni tahun 2000 ini, masyarakat dan siswa/i mengerti pentingnya kelestarian lingkungan demi mengatasi kerusakan alam. Ditambahkan Henry, banyak pohon yang ditebang namun tidak ditanam kembali

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada anak-anak kami alumni tahun 2000 dan Yayasan Eden yang memberi perhatian untuk penghijauan di lingkungan sekolah ini," paparnya.
 

Penulis: sitorus mel. Editor: aan.