HETANEWS

Apel dengan Berikat Kepala Merah Putih di Humbahas

Foto bersama usi Apel Nusantara di Mapolres Humbahas. (foto : Akim Purba)

Humbahas, hetanews.com - Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Mapolres setempat, Rabu (30/11/2016).

Peserta apel berasal dari unsur masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan sejumlah organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. Apel itu menegaskan kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pantauan media di lokasi, apel yang dihadiri Wakil Bupati Saut P Simamora bersama jajaran pejabat dan tokoh masyarakat publik dan seluruh peserta mengenakan ikat kepala merah putih. Apel Nusantara Bersatu tersebut juga dirangkai dengan doa bersama.

Saut dalam sambutannya mengatakan, bahwa Apel Nusantara Bersatu itu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Melalui apel itu, Saut berharap agar semua lapisan masyarakat mampu meningkatkan komunikasi, kordinasi dan sinergitas untuk mendorong pembangunan nasional, khususnya di Kabupaten Humbahas.

“Sejak awal berdirinya NKRI, Kebhinekaan merupakan kekayaan yang harus diakui, diterima dan dihormati,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, kalau kemajemukan adalah sebagai anugerah yang harus dipertahankan, dipelihara dan dikembangkan yang kemudian diwujudkan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dan untuk mengukuhkan nilai nilai itu, lanjut Saut menjadi tanggung jawab bersama dalam kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara.

“Dalam sejarah, perjalanan bangsa tidak dapat dipungkiri bahwa yang menjadi perekat kerukunan adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Perbedaan dan keberagaman ini harus diterima sebagai rahmat dan modal dalam mengukuhkan NKRI,” tandasnya

Dalam apel itu, juga ditegaskan empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika. Selain itu apel juga diisi pembacaan maklumat bersama Gubernur Sumatera Utara, Kapoldasu dan Pangdam I/BB.

Maklumat bersama yang dibacakan Bripka F Lubis itu berisikan tentang penyampaian pendapat di muka umum dengan tertib, santun dan damai.

Penulis: akim. Editor: aan.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.