HETANEWS

PM Belanda kembalikan 1.500 artefak milik RI ke Presiden Jokowi

Jokowi terima kunjungan PM Belanda. ©2016 REUTERS/Darren Whiteside

hetanews.com - Perdana Menteri Kerajaan Belanda, YM Tuan Mark Rutte mengembalikan 1.500 artefak kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 1.500 Artefak itu milik Indonesia yang selama ini disimpan di Museum Prinsenhof Delft, Belanda.

"1.500 Artefak akan dikembalikan ke Indonesia. Dan keris ini adalah simbol pertama," ungkap Mark Rutte di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/11).

Penyerahan 1.500 artefak milik Indonesia ini berlangsung di sela-sela kunjungan Mark Rutte ke Istana Merdeka. Jokowi dan Mark Rutte sempat menggelar pertemuan bilateral. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas terkait kerja sama perdagangan dan pengelolaan air.

"Pertemuan bilateral tadi banyak membahas kerja sama ekonomi dan fokus pada perdagangan investasi, pengelolaan air dan pembangunan infrastruktur maritim," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers.

Selain itu, keduanya juga sempat menyinggung peningkatan kerja sama dalam pemberantasan terorisme. Seperti diketahui, Indonesia dan Belanda sudah bermitra baik dalam Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC).

"Kedua negara juga aktif di Global Counterterrorism Forum. Ancaman terorisme saat ini mengharuskan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama terorisme," kata dia.

sumber: merdeka.com

Editor: edo.