HETANEWS

Jalin Silaturahmi, Kapoldasu Kunker Ke Sergai

Wabup Sergai Wabup Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Marliah Soekirman dan Ketua DWP Khairani Hadi Winarno bersama dengan Kapoldasu Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto.

Sergai, hetanews.com - Wabup Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya menyambut kedatangan Kepala Kepolisian Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Rycko Amelza Dahniel beserta jajarannya untuk melakukan kunjungan kerja (kunker) sekaligus temu ramah dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sergai, Senin malam (21/11) di Mapolres setempat di Sei Rampah.

Turut mendampingi Wabup Sergai, Sekdakab Hadi Winarno, Ketua TP PKK Marliah Soekirman, Ketua DWP Khairani Hadi Winarno, Asisten Pemerintahan Umum Ramses Tambunan MSi, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Ketua MUI dan FKUB serta Ketua Bhayangkari Sumut dan Sergai.

Wabup Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada Kapoldasu Rycko Amelza Dahniel yang telah melaksanakan kunker di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat membangun komunikasi dan silaturrahmi dalam menjalin hubungan yang sinergis antara Kepolisian dengan Pemerintah Daerah (Pemda) serta masyarakat Sergai,” papar Darma.

Dijelaskan juga kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2003 memiliki luas wilayah 1.900,22 KM2 terdiri dari 17 Kecamatan dan 237 Desa serta 6 Kelurahan.            

“Kami sebagai kabupaten yang memiliki masyarakat heterogen dan multi etnis selalu menjaga kekondusifan daerah,” sebut Darma.

Hal ini ditandai dengan dilaksanakan Apel Kebhinnekaan Cinta Damai antara Polres Sergai, Dandim 0202/DS dan Pemkab Sergai pada 15 November yang lalu.

Sementara Kapoldasu mengatakan, kunker di Sergai dalam rangka menjalin silaturrahmi untuk menerima masukan tentang harapan masyarakat terhadap Polri bagi mendukung kemajuan Sumut.

Menurut Kapoldasu, tugas yang diembannya ini merupakan amanah dan harus dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Kepolisian suatu lembaga bertugas menjaga Keamanan Ddan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di tengah masyarakat dan bertindak sebagai wasit untuk memberi keadilan bagi kedua belas pihak yang mengalami permasalahan, itu harapan besar masyarakat. Tugas polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) ini tidak akan berhasil bila dilakukan sendiri-sendiri, tetapi perlu sinergitas dengan semua elemen masyarakat. Jangan mudah terprovokasi terhadap permasalahan yang terjadi, karena bila tidak bisa menahan diri akan dapat membawa kerugian.

Demikian juga dengan peredaran narkoba yang berakibat menggangu fisik dan mental serta pemberantasan premanisme yang harus dituntaskan secara bersama-sama. Polisi tidak akan mampu bila hanya sendiri. Karena itu, sangat dibutuhkan kerja sama antar seluruh elemen masyarakat untuk menjaga hal-hal yang dapat mengganggu proses pembangunan.

 “Terimakasih kepada seluruh masyaarakat Sergai yang tidak terprovokasi dengan isu yang dapat memecah belah persatuan

Penulis: aguswan. Editor: aan.