HETANEWS.COM

Replanting di Afdeling IV PTPN Dosin Diduga Menyimpang Akibat Lemahnya Pengawasan

Bentuk dan ukuran bighole in hole tidak sesuai dengan yang ditentukan dalam syarat syarat teknis tanaman ulang kelapa sawit tahun 2016. (foto : Zai Sinaga)

Simalungun, hetanews.com - Indikasi penyimpangan dari syarat-syarat teknis tanaman ulang kelapa sawit tahun 2016 makin menguat.

Selain maraknya pengurangan volume dari yang telah ditetapkan,   dugaan penyimpangan menguat karena oknum Asisten Afdeling (Afd) IV PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah (Dosin), Jaga Sembiring terindikasi main mata dalam melakukan pengawasan.

Hal itu diamini Manager PTPN IV Dolok Sinumbah, Tambor Siahaan, Senin (21/11/2016) ditemui di tepi jalan seusai meninjau kegiatan tanaman ulang (replanting) kelapa sawit Afdeling IV.

"Ini akibat lemahnya pengawasan, tapi setelah kita terjun ke lapangan, buruknya pengerjaan sudah mengurang," bilang mantan Manager Bukit Lima itu.

Bahkan, sambungnya kelima Asisten yang dibawahi Unit Dolok Sinumbah terkait kegiatan tanaman ulang tahun 2016 sudah dipanggil dan dilakukan peneguran.

 "Sudah kita panggil, dan kita ingatkan agar para Asisten serius mengawasinya. Hasilnya menggembirakan,  dan para Asisten sudah tak sungkan menegur," tukasnya menjelaskan baru sebulan ditugaskan di Unit Dolok Sinumbah. 

Hasil investigasi di lapangan, selain penanaman ICC/Mucuna bracteata terkesan fiktip ditanami rekanan dilahan tanaman ulang afd Iv (138 hektar + 134 hektar), tampak pembuatan jalan produksi, jalan koleksi, dan kegiatan rehabilitasi jalannya diduga terjadi pengurangan dari ukuran yang dituang dalam syarat syarat teknis.

Tidak itu saja, kegiatan geser/rumpuk  atau susun batang diperengan. Meruncek dan merumpuk pelepah, serta khemis gulmanya juga terindikasi tidak dilaksankan sesuai syarat syarat teknis tanaman ulang kelapa sawit tahun 2016. Hingga dugaan adanya penyimpangan demi mengaut keuntungan pribadi rekanan ini dinilai layak untuk diusut aparat.

Praktik tindak pidana korupsi juga dinyakini terjadi pada kegiatan pembuatan terras contour, dongkel kayuan, bongkar bole eks sawit tumbang. Chipping batang, bonggol, pelepah dan serak chippingan. Pembuatan/rehabilitasi parit yang tak sesuai dengan ukuran parit I/Isolasi, parit II/Gulatan, parit III, parit IV/parit jalan dan parit kanal/qutlet.

Disinggung nama-nama perusahaan pelaksana tanaman ulang kelapa sawit Afdeling IV, Jaga Sembiring via telepon seluler mengatakan, CV Haski dan CV Karunia Abadi. "Kalau nomor kontak person pimpinan perusahaan saya tak memilikinya," ujar Jaya.

Menurutnya realisasi tanaman ulang kelapa sawit afdeling pimpinannya tersebut sudah sesuai dengan syarat-syarat teknis tanaman ulang kelapa sawit tahun 2016. "Kalau investigasi anda terhadap ukuran bighole tidak sesuai dengan ukuran 3 meter x 3 meter x 0,5 meter, saya kurang tau. Yang pasti lubang tanaman tidak dikerjakan secara manual," tukasnya. 

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan