HETANEWS.COM

Pelatihan Ketua Kelompok Dasa Wisma PKK Tahun 2016

Bupati Sergai Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Khairani Hadi Winarno bersama dengan narasumber.

Sergai, hetanews.com - Dasa wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peranan penting dalam melaksanakan program-program gerakan PKK di tingkat desa dan kelurahan yang nantinya akan berpengaruh pada kegiatan gerakan PKK di kecamatan dan kabupaten.

Sesuai dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Di mana dasa wisma adalah kelompok terkecil yang berperan dalam melaksanakan pendataan keluarga dalam kelompok keluarga kecil di tingkat desa dan kelurahan.           

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara Pelatihan Ketua Kelompok Dasa Wisma Tingkat Kabupaten Tahun 2016 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sei Rampah, Senin (7/11/2016).           

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wabup Sergai Darma Wijaya, Ketua TP PKK Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya, Ketua Khairani Hadi Winarno, Narasumber dari BKKBN Sumut Subhan, Ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta para undangan lainnya.

Soekirman menuturkan, kader Dasa Wisma harus bisa mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan. Unggul artinya bahwa kader dasa wisma harus lebih unggul dari kader-kader yang lainnya. Inovatif membuka terobosan perubahan yang lebih kreatif sehingga menjadi inovasi unggulan yang lahir dari dasa wisma. Berkelanjutan bahwa apa yang sudah dilaksanakan dengan baik tetap dijaga dengan baik oleh kader-kader dasa wisma di seluruh desa dan kelurahan.

Soekirman juga mengingatkan, untuk mewujudkan kader-kader dasa wisma yang berkualitas akah dihadapkan banyak tantangan yang harus dipikirkan bersama. Karenanya perlu kesiagaan dan waspada serta dituntut peran aktif dari dasa wisma sebagai garda terdepan dalam memberikan data-data dan informasi yang akurat.

“Dengan demikian pemerintah yang dibawahnya akan lebih tanggap atas informasi dari dasa wisma untuk mengatasi masalah yang ada,” pungkas Soekirman.

Ketua TP PKK Sergai, Marliah Soekirman mengutarakan, dasa wisma merupakan soko guru kelompok terkecil dari kelompok-kelompok kader PKK di desa dan kelurahan yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

“Dasa wisma sebagai ujung tombak tim penggerak PKK dalam pelaksanaan program pokok PKK dan program pemerintah lainnya, karena itu tim penggerak PKK adalah mitra pemerintah,” paparnya.

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Ketua DWP Sergai Khairani Hadi Winarno melaporkan, tujuan dan sasaran kegiatan, diantaranya meningkatnya pengetahuan tim penggerak PKK yaitu kader-kader dasa wisma dalam menata kelompok keluarga melalui kelompok dasa wisma di masing-masing dusun dan desa, tercapainya keluarga yang sehat dengan terpenuhinya gizi keluarga melalui peran serta kader dasa wisma dalam memanfaatkan lahan pekarangan.

Selanjutnya terdatanya semua keluarga baik ibu hamil, bayi, balita dan keluarga berencana serta reproduksi keluarga dan tersosialisasinya informasi mengenai permasalahan sosial ekonomi dalam keluarga dan masyarakat. Sedangkan kegiatan tersebut diikuti oleh 187 kader dari 17 Kecamatan se-Sergai.

Penulis: aguswan. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan