HETANEWS

Anggota DPR RI dan Pj Wali Kota Siantar Serahkan Bantuan Traktor pada 11 Poktan

Penyerahan bantuan traktor untuk 11 Poktan di Kota Siantar (foto : Humas Pemko Siantar)

Siantar, hetanews.com - Sebanyak 11 Kelompok Tani (Poktan) di Kota Siantar menerima bantuan traktor roda dua. Kesebelas Poktan tersebut yakni Mekar Sari (Kelurahan Gurilla), Mandiri Tani dan Sibaen Nauli (Kelurahan Simarimbun), Bina Tani dan Tambun Tani (Kelurahan Tong Marimbun), Bersama Seksi V, Negeri Bosar dan Sibarambang (Kelurahan Naga Huta) dan Naga Huta dan Matio (Kelurahan Naga Huta Timur), serta Jaya Tani Kelurahan Pematang Marihat.

Penyerahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) itu dilakukan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Samsudin Siregar (Fraksi Hanura) bersama Penjabat (Pj) Wali Kota, Anthony Siahaan di Aula Spiritualitas Katolik, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Senin (7/11/2016). Selain itu, ada 13 Poktan lainnya yang menerima bantuan knapsack (power sparayer).

Pj Wali Kota mengatakan, penyerahan traktor bantuan pemerintah pusat ini merupakan upaya pemerintah menopang peningkatan sarana dan prasarana pertanian. “Sektor pertanian merupakan salah satu andalan pembangunan nasional maupun regional dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani, mengurangi kemiskinan, penyediaan produksi kebutuhan pangan serta memperoleh devisa melalui ekspor dan kelestarian lingkungan hidup,“ tegasnya.

Penyerahan alsintan ini juga bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana pertanian, mendukung mekanisasi pertanian. Sekaligus juga sebagai pendorong optimalisasi sumber daya lahan serta efektifitas usaha tani yang terus berkembang. Bantuan ini juga dimaksudkan untuk memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi pedesaan untuk pengembangan kegiatan usaha tani.

“Kepada para kelompok tani harus dapat merawat dan mempergunakan traktor roda dua yang diterima, agar dapat dimanfaatkan untuk peningkatan produktifitas pertanian yang berkelanjutan,” imbau Anthony Siahaan.

Sementara itu, Samsudin Siregar menerangkan, bantuan yang bersumber dari dana aspirasi DPR RI tahun 2016 ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus kesejahteraan petani.

“Saya juga mengharapkan masukan dari para petani untuk dapat mengetahui kira-kira apa yang dibutuhkan di daerah ini, sehingga kita dapat memperjuangkannya di pusat. Sehingga kedepannya kita bisa menyerap aspirasi bapak/ibu untuk peningkatan perekonomian khususnya bagi para petani,”kata anggota DPR RI dari Dapil Sumut yang duduk di Komisi VIII dan di Badan Anggaran ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Robert Pangaribuan melaporkan, Pemko Siantar bersama DPR RI telah beberapa kali memberikan bantuan alat dan mesin pertanian. Penyerahan alsintan ini diharapkan dapat mempercepat pengolahan tanah dan tanam bagi petani di Siantar.

Penulis: tom. Editor: ebp.