HETANEWS

Kodim 0208/AS Gelar Apel Kesiap Siagaan

Kasdim Mayor Inf Jontrayanto Gultom memeriksa personel TNI, Polri dan unsur dari pemerintah daerah. (foto : Heru Sihotang)

Asahan, hetanews.com - Pelaksanakan apel upacara kesiap siagaan dilaksanakan di Lapangan Makodim 0208/AS, Rabu (2/11/2016) bertujuan mengecek kesiapan dan kelengkapan personel dalam sarana dan parasarana TNI, Polri beserta unsur pemerintahan daerah (pemda).

Dalam kata sambutan yang dipimpin inspektur upacara (irup) Kepala Satuan Distrik Militer (Kasdim) Mayor Inf Jontrayanto Gultom menyampaikan, apel yang dilaksanakan untuk mengecek kesiapan TNI, Polri dan unsur dari Pemda di wilayah Kodim 0208/AS, sebelum diterjunkan, baik  TNI dan Polri untuk  ke lapangan. “Diharapkan semua perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal,” ujar Jontrayanto Gultom.               

Kembali Kasdim menjelaskan, dalam kehidupan berdemokrasi, bermasyarakat dan bernegara dengan akuntabilitas pemerintah untuk tegaknya supermasi hukum dan kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik berdasarkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Ini mengingat arti pentingnya dan strategis apel kesiapsiagaan.

“Saya mengajak para Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah dan Kepala Desa yang berada di wilayah Kabupaten Asahan, Batubara dan Kota Tanjung Balai sebagai penanggung jawab keamanan dari ancaman pihak terkait,” ungkapnya.

Kasdim menuturkan, menjaga keamanan dan memperkokoh kerja sama yang sinergis dengan menyelengara antara TNI, Polri dan masyarakat serta mitra keamanan. “Perlu kita cermati berbagai potensi kerawanan yang memerlukan potensi serius untuk itu antisipasi sejak dini atau sejak diketahui adanya kerawanan di wilayah masing-masing,” kata Jontrayanto.

Adapun potensi kerawanan yang sering terjadi berupa pelanggaran tindak pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), termasuk tindak pidana umum yang harus dapat ditangani oleh TNI, Polri dan Lurah/Kades.

“TNI dan Polri harus selalu bekerja sama di lapangan dalam menangani kerawanan dalam Pilkada maupun hal-hal negatif yang memancing kerusuhan di wilayah masing-masing,” ujar Kasdim.               

Selain itu kepada seluruh komponen masyarakat dan mitra lainnya untuk tetap netralitas dengan tidak berpihak dengan kelompok mana pun. “Saya ingatkan netralitas TNI dan Polri  juga bagian dari tugas, sehingga stabilitas kehidupan masyarakat menjelang pelaksanaan dan pasca pesta demokrasi tetap kondusif,” tutup Jontrayanto.

Penulis: heru. Editor: aan.