HETANEWS

Ernis Pardede Akui Dirinya Mandul, Polres Panggil Dokter RSUD Djasamen untuk Memastikan

Arist Merdeka Sirait saat bersama RP ke Polres Siantar untuk menanyakan kasus yang menimpa anak di bawah umur tersebut.

Siantar, hetanews.com - Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Aiptu Malon Siagian mengatakan pihaknya akan memintai keterangan dokter yang memeriksa tersangka Ernis Pardede. Tujuannya, untuk memastikan infertilitas (kemandulan) tersangka.

Hingga kini, berkas perkara kasus seksual yang menimpa RP, bocah 13 tahun masih dalam penyidikan alias P-19. Untuk melengkapi berkasnya,  polisi juga akan memeriksa AP yang disebut orangtua kandung RP yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

"Hari Senin (7/11/2016) kita periksa dokternya, untuk memastikan kemandulan tersangka. Memang dia (tersangka) sudah tunjukkan surat dari medis kalau dia mandul begitu juga pengakuan isterinya. Tapi kan tak bisa terima begitu saja, tetap dokter RSUD Djasamen Saragih iu akan kita panggil," katanya, Rabu (2/11/2016).

Dirinya menambahkan, selain kepastian kemandulan itu pihaknya juga akan memeriksa orangtua kandung RP, yakni AP. "Pengakuan tersangka dia menerima RP dari orangtua kandungnya yang tinggal di Serdang Bedagai. Yang bersangkutan juga diperiksa, hari Rabu kami akan kesana. Tersangka yang akan menunjukkan rumahnya," tegasnya.

Kasus pelecehan seksual ini dilaporkan pada 2014 silam. Bahkan, beberapa hari lalu kasus ini mendapat perhatian dari Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, datang ke Polresta Siantar menanyakan perkembangan kasusnya. Namun, hingga kini berkas perkara masih P19. "Beberapa petunjuk Jaksa segera kita upayakan agar dilengkapi untuk dilimpahkan kembali Kejaksaan," tambah Siagian.

Penulis: bt. Editor: ebp.