HETANEWS

Pencurian Modus Cari Kontrakan di Depan Safe House Polresta Siantar

Korban (kiri) dipeluk cucunya dan dalam kondisi shock. (foto : BT).

Siantar, hetanews.com - Sebanyak 3 orang wanita pelaku pencurian dengan modus mencari rumah kontrakan berhasil mengembat harta benda, Elisabeth br Sitompul (76). Uang beserta surat-surat penting raib dari dalam kamar korban.

Peristiwa ini terjadi di rumah korban yang tinggal sendirian di Jalan Pangaribuan, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, tepatnya di depan rumah marga Sibarani yang dijadikan Pos Safe House Polresta Siantar, Sabtu (29/10/2016) sekira pukul 18.30 WIB.

Ceritanya, waktu menjelang maghrib, korban menerima kedatangan ketiga orang wanita tersebut di depan rumahnya. Satu mengaku boru Sitompul, boru Saragih dan salah seorang belum diketahui.

"Dibilang mereka pertama kali sambil menyalam saya, Opung boru Tompul kan? Iya, saya jawab, dari mana kalian tau? Dari tetangga opung itu (tetangga sebelah korban). Lalu masuk kami ke dalam, duduk di ruang depan. Mereka bilang cari rumah kontrakan," ujar korban.

Korban merupakan isteri dari almarhum AM Lumbantobing, pensiunan LLD (sekarang LLAJ). Ia tak mengingat apa saja perbincangan saat itu, namun di antara para pelaku bergantian menuju kamar mandi.

"Ganti-gantian mereka ke kamar mandi. Yang satu pakai kaos kuning, badannya gemuk, sampai berlipat perutnya pas duduk itu, Yang lain warna baju ungu, gak terlalu gemuk, sedang lah, rambutnya pendek. Yang satu lagi pun gitu, gak panjang rambutnya," papar korban.

Berkisar 1 jam di dalam rumahnya, korban yang akrab disapa Opung Risma ini menuturkan para pelaku pamit ketika waktu menunjukkan azan maghrib.

"Sudah mau maghrib ayolah pergi, katanya. Saya antar pun mereka sampai depan rumah karena kereta (sepeda motor) mereka di sepan. 2 orang naik dari depan rumah, tapi yang 1 lagi (baju ungu) naiknya agak jauh," katanya.

Korban menyebutkan baru sadar kehilangan uang maupun surat - surat ketika memasuki kamar. Melihat hal itu dirinya berteriak hingga beberapa warga berdatangan. 

"Masuk ke kamar ini lah gak tau bagimana caranya. Habis mereka pulang, saya ke kamar. Saya berteriak lah karena lihat tas sudah terbuka, isinya uang Rp 2 juta dan kartu untuk pengambilan pensiunan suami sama kunci-kunci," ucapnya.

Siang Hari Korban Didatangi Pelaku

Ketiga wanita yang diduga pelaku pencurian di rumah Elisabeth br Sitompul menurut warga telah mendatangi rumah korban, pada siang harinya. Hanya saja, para pelaku kemudian pergi lantaran penghuni rumah tak di tempat.

“Siangnya udah datang orang ini (pelaku). Tapi korban ini lagi pesta, sore lah baru pulang ke rumahnya,” ungkap beberapa warga setempat.

Sementara, tetangg korban J Silitonga menuturkan, satu di sntara pelaku (baju ungu) sempat mengunjungi warungnya dan membeli makanan ringan sebelum korban membuka pintu.

"Gak ada nanya apa-apa. Saya tanya dari mana, katanya dari Lapangan Bola. Kalau yang 2 lagi di depan rumah korban," ujar Silitonga pasca kejadian.

Ia menambahkan, saat berada di dalam rumah korban, para pelaku secara bergantian keluar bertelepon. "Ada sekitar 1 jam mereka di dalam rumah. Saat di dalam ganti-gantian mereka keluar rumah mengangkat telepon," katanya.

"Kalau kereta yang mereka pakai kayak Jupiter MX dan platnya nomornya kalau gak salah BK 5114 atau BK 5119, serinya gak tau. Yang 2 orang naik depan rumah, 1 lagi naiknya agak jauh," tambah Silitonga.

Penulis: bt. Editor: aan.