Asahan, hetanews.com -  Untuk menciptakan situasi kondusif, khususnya di inti kota Kisaran, Satuan Sabhara Polres Asahan menggelar patroli bersepeda.

Patroli difokuskan sepanjang jalan tempat keramaian, seperti pusat pertokoan, pasar dan tempat-tempat keramaian lainnya.

“Dengan patroli bersepeda ini, kita harapkan dapat meminimalisasi tindak kriminal, seperti copet, jambret dan tindak kejahatan lainnya. Ada satu regu yang kita terjunkan setiap hari,” kata Kasat Sabhara Polres Asahan AKP J Hutajulu, di Polres Asahan Kisaran, Jumat (28/10/2016).

Selain patroli bersepeda, juga diturunkan satu regu bersepeda motor. Fungsinya adalah untuk mendampingi patroli bersepeda, jika terjadi tindakan kriminal yang membutuhkan penindakan cepat.

Patroli regu sepeda motor, selain mengawasi wilayah diluar jangkauan regu bersepeda, juga sekaligus memback up regu bersepeda.

"Jika terjadi tindak kriminal seperti jambret atau kejahatan lainnya yang tidak bisa ditangani regu bersepeda, maka penindakan dilakukan regu sepeda motor,” katanya.

Patroli  bersepeda dan sepeda motor, kata Hutajulu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat semata.

Sehingga masyarakat tidak lagi merasa khawatir saat beraktivitas. “Patroli, baik regu bersepeda maupun sepeda motor akan rutin digelar. Sehingga masyarakat merasa terlindungi dan tidak merasa was was ketika beraktivitas,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang kain, Rudi (46), warga Sidodadi, menyambut baik patroli rutin yang digelar Polres Asahan itu. “Kalau patroli seperti ini terus digelar secara rutin, para pencopet maupun jambret, pasti berpikir ulang untuk melakukan kejahatan,” sebutnya.

Pantauan, regu sepeda tampak mengitari sepanjang jalan inti Kota Kisaran seperti Jalan Diponegoro, Imambonjol, Cokroaminoto dan jalan lainnya. Sesekali mereka menyapa dan berdialog dengan beberapa masyarakat yang sedang berbelanja.