HETANEWS

Air Terjun Gibeon, Suguhkan Pemandangan Bukit yang Indah

Para pengunjung menikmati pemandian di air kolam Air Terjun Bukit Gibeon. (foto : Aldy Sitorus)

Tobasa, hetanews com - Ratusan pengunjung memadati Air Terjun Bukit Gibeon di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) untuk menikmati dinginnya air kolam serta hembusan angin yang sejuk. 

Di samping menikmati air yang dingin, para pengunjung juga disuguhkan pemandangan bukit yang indah di sekitaran kolam.

Wisata Air Terjun Bukit Gibeon ini baru sekitar tiga bulan yang lalu dibuka untuk umum. Namun, nama Bukit Gibeon sudah begitu sangat familiar bagi pengunjung yang datang dari berbagai daerah. 

Melalui media sosial (medsos), Air Terjun Bukit Gibeon begitu cepat terkenal, sehingga membuat masyarakat ingin segera menikmati  lokasi wisata ini.

Air terjun ini sendiri berada dekat dari Bandara Sibisa, Kecamatan Ajibata. Kurang lebih menempuh perjalanan selama 25 menit dari Parapat atau 1,5 jam dari Kota Balige menuju Bandara Sibisa. Selanjutnya akan tiba di lokasi.
Air terjun ini berada jauh dari di kebisingan Kota Ajibata. Kurang lebih 3 kilometer dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Lokasi Bukit Gibeon ini berada di dalam perbukitan. Di antara bukit-bukit yang indah, dan pengunjung akan melewati kebun kopi dan jagung milik warga agar sampai di lokasi dimaksud.

Lilis salah satu pengunjung asal Jakarta, mengaku mengetahui lokasi ini dari medsos. Llilis datang dari Jakarta bersama keluarga hanya untuk menikmati wisata Air Terjun Bukit Gibeon. Namun anaknya tidak sanggup bertahan lama-lama di kolam renang. 

“Kami dari Jakarta datang untuk menikmati wisata air terjun ini. Saya mengetahui dari medsos lokasi ini,” ucap Lilis kepada hetanews, Minggu (23/10/2016).

Lain lagi dengan penuturan pengunjung lainnya bernama Desi. Warga asal Pantai Cermin, Kabupaten Deli Serdang mengatakan, jika mereka ingin tinggal di sekitar lokasi air terjun. “Pingin rasanya tinggal di daerah ini pak," ujarnya tersenyum.

Banyak pengunjung bergantian menikmati tempat jatuhnya curahan air yang begitu nikmat dan dingin. Tak banyak pengunjung berlama-lama di kolam renang, karena airnya sangat dingin. Di kolam renang ini, para pengunjung bebas menggunakan pakain untuk bisa berenang.

Fasilitas yang lengkap di lokasi ini memanjakan para pengunjung. Kamar ganti, WC, area tempat merokok juga tersedia. Objek wisata Air Terjun Gibeon juga menyediakan tiga ekor kuda untuk bisa ditunggangi pengunjung. Untuk sewa menunggang kuda harga masih bisa dinego (ditawar).

Kedepan, pengelola akan menambah 3 fasilitas kolam yang besar untuk dewasa, anak-anak dan balita. Pengelola juga akan menambah kolam pancing yang bisa dinikmati pengunjung. Selain itu, pengunjung juga akan bisa menikmati masakan ikan yang berhasil dipancing.

Penulis: aldy. Editor: aan.