HETANEWS

Humas Justiar Ronald SH Sebut PN Simalungun Bebas Pungli

Humas PN Simalungun Justiar Ronald SH.

Simalungun, hetanews.com - Pengadilan Negeri Simalungun sudah sejak lama terapkan bebas pungutan liar alias pungli, sebelum presiden Jokowi mengeluarkan statement, dan nyatakan bebas pungli, yang marak diberitakan media massa dan medsos belakangan in. Bahkan banyak yang kena sanksi pemecatan dalam kasus pungli.

Pengadilan Negeri Simalungun bebaskan pengambilan putusan, perkara pidana, banding dan kasasi. Demikian dikatakan humas Pengadilan Negeri Simalungun Justiar Ronald SH kepada wartawan Senin (24/10/2016) di PN Simalungun.

Sedangkan pengambilan putusan untuk perkara perdata hanya dikenakan biaya leges sebesar Rp.3000 , dan biaya administrasi Rp.300 /lembar serta by fotocopy jg biaya redaksi.

Biaya ini resmi dsn tertera dalam peraturan. Untuk banding dan kasasi dalam perkara perdata didaftar sebesar Rp 300 hingga Rp 500 ribu.

"Jadi kita sudah bebas pungli sudah sejak lama. Jika ada ditemukan ada pungli di kantor PN Simalungun, kita akan periksa dan ditindak lanjuti hingga pemberian sanksi,” ucap Justiar.

Demikian juga masyarakat yang ingin mengambil tilang, dapat langsung menghadiri persidangan setiap hari Jjumat. Jika sudah selesai dan verstek tilang dapat diambil ke jaksa.

"Jadi tidak ada pungli,” tegasnya.

Penulis: ay. Editor: ebp.