HETANEWS

Warga Banjar Ganjang Budayakan Gotong Royong

Kegiatan gotong royong di Desa Banjar Ganjang. (foto : Aldy Sitorus)

Tobasa, hetanews - Gotong royong adalah salah satu kegiatan masyarakat yang dilakukan dengan bersama-sama dengan melibatkan semua lapisan masyarakat baik tua atau pun muda.

Kegiatan ini diterapkan oleh masyarakat Desa Banjar Ganjang, Kecamatan Parmaksian, KabupatenToba Samosir (Tobasa), Jumat (21/10/2016). 

Masyarakat yang lebih dari 85 persen bekerja sebagai petani itu menyempatkan waktunya untuk bergotong royong. Mereka bergotong royong membersihkan rumput-rumput dan paritn yang mampet karena sampah terbawa air hujan, sehingga menyumbat saluran air.

Sampah-sampah di dalam paritmereka bersihkan dan digali agar aliran air bisa lancar dan tidak mampet, serta tak menimbulkan sarang nyamuk yang bisa mengakibatkan Demam Berdarah (DBD).

Gotong royong tersebut diprakarsai Kepala Desa (Kades) Banjar Ganjang, Safri Manurung dan Sekretaris Desa (Sekdes) Jono Manurung. Kegiatan gotong royong ini diikuti para Kepala Dusun (Kadus) dan seluruh warga Desa Banjar Ganjang.

Salah seorang warga Desa Banjar Panjang, Frengki Manurung menyatakan, mendukung kegiatan kades setempat yang mengajak masyarakat bergotong royong.

Dia menuturkan, dengan adanya gotong royong bersama parit-parit di Desa Banjar Ganjang tidak tersumbat, sehingga mengakibatkan banjir. Ini juga membuat parit-parit bisa berfungsi dengan baik dan tidak mampet.

“Kegiatan seperti ini masih sering dilakukan warga, karena dengan adanya gotong royong itu akan menambah rasa persaudaraan yang kuat dan menjalin silahturahmi antar sesama warga Banjar Ganjang,” ungkapnya.

Penulis: aldy. Editor: aan.