HETANEWS.COM

PT Tulung Agung Terindikasi Korupsi Biaya Pengadaan Papan Proyek

Proses pengaspalan di Jalan Sangnawaluh, Kelurahan Merdeka. (foto : Zai Sinaga)

Siantar, hetanews.com - PT Tulung Agung diduga korupsi biaya pengadaan papan nama proyek. Pasalnya, selaku pelaksana kegiatan pengaspalan yang berlangsung, Rabu (19/10/2016)  di Jalan Sangnawaluh, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, persis di sekitar TMP (Taman Makam Pahlawan) Nagur tidak memajangkan papan proyek. 

Lantas salah siapa? Pemerintah? Benarkah? Pihak kontraktor yang mengerjakan? Benarkah? DPRD dalam menerikkan anggaran? Benarkah? Jangan-jangan ada pihak pihak yang tidak mengerti petunjuk pelaksanaan (juklak) penggunaan keuangan negara, tetapi memberikan intervensi?

Lantas berpeluang mark up kah kegiatan tersebut? Berikut hasil konfirmasi hetanews dengan salah seorang pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Siantar, R Saragih mengaku sebagai pengawas kegiatan tersebut.

"Kalau sumber dana kegiatan, yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemko Siantar Tahun Anggaran (TA) 2016. Besarnya kira-kira Rp 5 miliar dengan ketebalan 0,5 centimeter dan menggunakan material Asphalt Concrete - Wearing," imbuhnya, seraya menambahkan, yang mengetahui persis adalah Kabid Peningkatan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga, Suartono.

Amatan di lokasi, tampak kontraktor (rekanan) mengadakan pengendalian lalu lintas yang dijaga oleh sejumlah personil Satuan Lalu Lintas Polresta Siantar, serta melakukan tindakan tindakan pencegahan untuk memberi petunjuk dan mengendalikan lalu lintas selama pelaksanaan pekerjaan.

Terlihat proses penggilasan campuran waktu sesudah penghamparan tahap awal penggilasan dengan penggilasan kedua atau antara serta penggilasan akhir menggunakan waktu semau perut. Selain itu, tampak pihak dinas yang ada dilokasi menjalankan tugasnya tanpa pengukur suhu panas.

Pengaspalan itu juga sangat praktis, usai melapisi permukaan jalan pakai aspal resap pelekat dengan tingkat pemakaian tanpa takaran, langsung menggamparkan hotmix selanjutnya melakukan pemadatan dengan cara menggilas menggunakan mesin gilas.

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!