HETANEWS.COM

Staf SKPD Pemko Siantar Ikuti Pelatihan Keprotokolan

Staf SKPD Pemko Siantar saat mengikuti pelatihan keprotokolan yang dipaparkan narasumber. (foto : Humas Pemko Siantar).

Siantar, hetanews.com-Meski kelihatannya sederhana, tetapi peran dan fungsi protokol sangat menentukan kesuksesan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi atau institusi. 

Protokol juga merupakan bagian melekat dari aktivitas kenegaraan, dinas atau acara-acara resmi pemerintah yang turut mewarnai budaya kerja, terutama bagi para petugas protokol yang dekat perannya dalam mendukung tugas kepemimpinan, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Karena itulah, dibutuhkan protokol yang handal dalam sebuah istansi pemerintah bahkan juga lembaga-lembaga swasta lembaga atau perusahaan. Mengingat protokol sangat menentukan terciptanya suasana yang memengaruhi keberhasilan suatu acara yang dibuat oleh instansi tersebut. 

Selain itu, protokol yang baik dapat menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain yang dapat diterima semua pihak. 

“Karena itulah saya melihat pelatihan keprotokolan ini penting, sehingga pada upacara-pacara di lingkungan kerja masing-masing bisa berlangsung khidmat, tertib dan lancar,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik diwakili Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Chaidir Sitompul, saat membuka Pelatihan Keprotokolan bagi PNS di Lingkungan Pemko Siantar, Selasa pagi (18/10/2016) di Siantar Hotel.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini digelar oleh Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Siantar.   

Dalam laporannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kabag Humas, Jalatua Hasugian menjelaskan, protokoler memiliki arti luas yakni keseluruhan hal yang mengatur tentang pelaksanaan suatu kegiatan, baik dalam kedinasan, maupun masyarakat. 

Menurutnya, aturan-aturan protokoler ini menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal, yakni mencakup tentang tata acara, pembawa acara, dokumentasi, konsumsi, pengisi acara, penerimaan tamu, kelengkapan teknis acara dan lain-lain yang menunjang kesuksesan sebuah kegiatan. 

“Karena itu, kami memandang penting kegiatan ini, setidaknya di seluruh SKPD sampai Kecamatan bahkan Kelurahan di Pemko Siantar ada staf yang handal dalam urusan protokol,” kata Jalatua.

Sebagai nara sumber pada kegiatan yang diikuti sebanyak 75 orang peserta mewakili seluruh SKPD Pemko Siantar adalah Staf Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, yakni Fuad Ghazali Damanik, M Suprizal Amri Harahap dan Sihar P Lumbantobing.

Penulis: tom. Editor: aan.