Humbahas, hetanews.com-Perayaan Natal Nasional yang dialihkan ke Manado, Provinsi Sulawasi Utara yang sebelumnya dipusatkan di Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Bupati Dosmar Banjarnahor ‘kepanasan’.

Dalam keterangan persnya, Dosmar mengaku, hingga sampai saat ini pemerintah setempatnya belum mendapatkan surat perubahaan perencanaan natal nasional yang dikeluarkan pihak pemerintah pusat.

Sementara, menurut Dosmar, sebelumnya pihaknya sudah merencanakan persiapan dalam melaksanakan Perayaan Natal Nasional. Ini sesuai, surat keputusan Menteri Agama RI Nomor 49 Tahun 2016 beberapa lalu.

“ Disitu disebutkan pada poin tiga, perayaan natal bersama tingkat nasional pada tanggal 27 Desember nantinya, di Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas,” tegas Dosmar pada keterangan persnya, Jumat (14/10/2016).

Dosmar menambahkan, dimana pun nantinya bila adanya perubahaan jadwal perayaan natal itu adalah hal yang lumrah, karena sesuai kewenangan pemerintah pusat. Sebaliknya, pihaknya hanya siap menerima dan melaksanakan keputusan bila adanya perubahan.

“Kepada semua masyarakat Tapanuli Raya khususnya masyarakat Humbahas, agar nantinya dimana pun natal bersama tingkat nasional ini dilaksanakan tetap mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat Humbahas,” pintanya.

Dosmar juga tak lepas mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan kepada masyarakat nya. “Untuk itu kepada semua tokoh masyarakat, tokoh agama dan putra-putri se kawasan Tapanuli Raya, saya ucapkan terima kasih atas dukungan tempat pelaksanaan Perayaan Natal Nasional di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas yang merupakan bagian dari Tanah Batak,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Panitia Marim Purba di Jakarta kepada wartawan, Rabu (12/10/2016) lalu mengatakan bahwa Perayaan Natal Nasional yang awalnya direncanakan di Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas telah dialihkan di Manado Sulawesi Utara.

Menurut dia, pengalihan itu sesuai perubahaan yang dilakukan pemerintah pusat. Adapun rangkaian itu, sebutnya, aksi natal tanggal 16-18 di daerah Tapanuli dan diakhir dengan Toba Lake Christmas Concert di Dolok Sanggul. “Sementara, Natal Nasional pada tanggal 27 Desember dilokasikan di Manado,” terang mantan Wali Kota Siantar itu.