HETANEWS.COM

Terdakwa Pemalsu Surat Dihukum 1 Tahun, Keluarga Hilarius Ribut di PN Simalungun

Terdakwa Hilarius Gultom bersama hukumnya dan keluarganya

Simalungun, hetanews.com - Usai dihukum 1 tahun penjara oleh majelis hakim Tiares Sirait, Justiar Ronald dan Novarina Manurung, terdakwa  Hilarius Gultom (56) pun meninggalkan ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (13/10/2016).

Terdakwa dinyatakan terbukti membuat surat palsu atas sebidang tanah. Putusan 1 tahun penjara tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Augus vernando Sinaga.

Namun, usai lima menit persidangan, keluarga terdakwa yang sempat keluar dari PN Simalungun kembali masuk ke kantor pengadilan dan teriak-teriak mengatakan "Orang miskin karena tak punya uang dihukum, sedangkan hukum berpihak pada orang kaya”.

Teriakan puluhan keluarga terdakwa mengakibatkan suasana menjadi ramai dan spontan mengganggu persidangan lainnya yang sedang berjalan. Keluarga terdakwa terus saja meneriaki majelis hakim yang juga sebagai Ketua PN Simalungun.

Sebelum pembacaan putusan, keluarga terdakwa sudah berkumpul di halaman kantor pengadilan dan membawa spanduk karton bertuliskan "Meminta agar majelis hakim segera membacakan putusan terhadap Hilarius Gultom yang sudah beberapa kali ditunda".

Persidangan itu mendapat pengawalan ketat dari sejumlah personil Polsek Bangun dipimpin Kapolsek AKP Hatopan Silitonga yang dibantu petugas tahanan dan juga personil Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun.

Melalui amar putusan majelis hakim disebutkan, terdakwa dinyatakan bersalah telah membuat surat palsu tentang sebidang tanah di Huta Mariah Hombang, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun.

Namun terdakwa menyatakan tanah tersebut merupakan peninggalan dan warisan kakeknya dan sudah diusahai keluarganya secara turun temurun. Sementara itu pihak yang merasa dirugikan, yakni PT Kuala Gunung mengklaim tanah terperkara adalah milik perusahaan tersebut, lalu melaporkan terdakwa kepada yang berwajib dan majelis hakim menghukum terdakwa atas kesalahannya selama 1 tahun penjara.

Atas putusan tersebut, terdakwa yang sudah tidak ditahan, karena sebelumnya ditahan di rutan keluar disebabkan  masa penahanan habis, menyatakan banding. 

Penulis: ay. Editor: ebp.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan