Siantar, hetanews.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda(HSP) ke 88 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan dipusatkan di Kota Siantar.

Direncanakan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, akan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), yang akan digelar di Lapangan Adam Malik pada 28 Oktober 20016 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprovsu melalui Kepala Bidang Bina Kepemudaan, M Thohir dalam rapat  persiapan yang di rumah dinas (rumdis) Wali Kota Jalan MH Sitorus, Rabu sore (12/10/2016), Pemprovsu akan mengikutsertakan berbagai organisasi kepemudaan dari Sumatera Utara.

“Kita akan membawa serta rombongan Organisasi Kepemudaan yang ada di Sumatera Utara pada hari “H”nantinya, “ kata Thohir.

Penjabat (Pn) Wali Kota, Jumsadi Damanik, yang memimpin rapat mengatakan bahwa Kota Siantar sangat siap menyelenggarakan Peringatan HSO ke 88 nantinya.

“Kepercayaan dari Pemprovsu yang mengunjuk Siantar sebagai tuan rumah, kami sangat siap melaksanakannya,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, Pj Wali Kota menginstruksikan kepada segenap oanitia yang melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah.(SKPD) terkait serta unsur kepemudaan yang ada di Kota Siantar untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

“Kita harus dapat menjadi tuan rumah yang baik,“ tandasnya dihadapan peserta rapat yang melibatkan unsur TNI, Polri, SKPD dan tokoh oemuda.

Ditambahkan Jumsadi, pada Peringatan Sumpah Pemuda nantinya akan ditampilkan Parade Seruling yang dibawakan 3.000 orang siswa di Kota Siantar, yang dikomandoi oleh Richard Sitanggang dari Yayasan Pencinta Musik Batak (YPMB). Berbagai kegiatan lainnya juga akan digelar menyambut perayaan, diantaranya Dialog Kepemudaan, Marching Band, Parade Kebhinnekaan dan sebagainya.

Karena itu, Pj Wali Kota menekankan kepada SKPD terkait seperti Dinas Kebersihan, Dinas Tata Ruang Pemukiman (Tarukim) serta Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) untuk mempersiapkan Lapangan Adam Malik sebaik mungkin.

“Persiapan upacara termasuk hal teknis maupun non teknis harus dilakukan secara terkoordinasi, berhubung kita akan kedatangan banyak tamu dari luar Siantar, “ ujarnya.