Simalungun, hetanews.com - Komando Resort Militer (Korem) 022 Pantai Timur membuka latihan menembak executive bersama sejumlah wartawan, bertempat di lapangan tembak Makorem Jalan Asahan, KM 3.5 Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Latihan menggunakan senapan laras panjang jenis M16 dengan jarak 50 Meter dan senapan pistol FN dengan jarak tembak 15 meter itu dibuka langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 022/PT, Kolonel Inf Gabriel Lema, Sabtu (8/10/2016).

Danrem mengatakan, kegiatan menembak merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 71 Tahun 2016. Dibuka untuk umum yang dihadiri TNI, Polri, pejabat pemerintah daerah, BUMN dan sejumlah wartawan.

"Memang kalau orang melihat menembak ini kan profesionalnya militer. Tetapi kenapa kita ngajak komponen-komponen bangsa lainnya, agar bisa mengenal terutama sekali militer TNI, alusistanya," ungkap Gabriel.

Wartawan hetanews, Tumpal Tanjung menembak didampingi pelatih tembak. (foto: BT)

Sebelum menembak, peserta diberi pengarahan tentang menembak agar tak canggung dan demi keselamatan. Apalagi peluru yang digunakan merupakan asli. Setiap regu tembak dibagi menjadi 6 lajur. Dibelakang peserta penembak dikawal TNI  sekaligus memberikan pengarahan sebagaimana mekanisme menembak seperti, pengaturan nafas, peletakan tangan pada senjata maupun posisi menembak.

"Sarana dan prasarana kita siap, memang perlu pembenahan-pembenahan lebih lanjut, itu urusan kami. Dikala mungkin ada mau kontribusi, ya puji syukur sama-sama kita lakukan untuk pembenahan," tegas Gabriel.