HETANEWS

Sergai Raih Penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2016

Bupati Sergai Soekirman didampingi Kadisnakerkop Aguslan Simanjuntak dan pelaku UMKM Dumbo Jaya Hamdi bersama dengan Gubsu Tengku Erry Nuradi, serta Direktur Bina Produktivitas Kementrian Tenaga Kerja Estiarty Haryani

Sergai, hetanews.com - Kemajuan dan berkembangnya Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) pada suatu daerah tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan pemerintah daerah.

Keberhasilan UMKM Dumbo Jaya Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adalah bentuk nyata sinergi yang baik antara Pemkab Sergai dan pelaku usaha dalam menerapkan konsep produktivitas dikehidupan usahanya, sehingga berhasil meraih penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2016 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) untuk kualifikasi Pemimpin dalam Industri (Industry Leader) Usaha Kecil. 

Penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2016 Tingkat Provsu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) , Tengku Erry Nuradi kepada para penerima bertempat di Aula Cendana Hotel Grand Kanaya Medan pada Kamis (6/10/2016).

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Soekirman melalui Kabag Humas Benny Saragih, kepada wartawan melalui telepon selularnya usai menghadiri acara tersebut. Dijelaskan Benny, Bupati Sergai merasa bangga dan memberikan apresiasi atas penghargaan Siddhakarya yang dicapai hari ini.

“Keberhasilan ini merupakan peran serta Pemkab Sergai dan sinergi yang baik dengan para pelaku usaha dengan selalu mendukung peningkatan instensitas gerakan pemasyarakatan dengan konsep produktivitas, menciptakan iklim dan kerjasama yang didasarkan kepada semangat kemitraan yang sederajat dan saling menguntungkan antara pemerintah, perusahaan berskala besar, menengah dan kecil dalam bidang penerapan konsep produktivitas dan kualitas secara tepat dan benar. Di samping itu juga untuk mendorong peningkatan kualitas serta daya saing perusahaan-perusahaan agar lebih berperan dalam menciptakan lapangan kerja,” ujar Beny.

Disampaikan Benny, bahwa UMKM Dumbo Jaya yang berkecimpung dalam usaha pengasapan ikan sale mengungguli 30 UMKM di Sumatera Utara (Sumut) yang dinilai oleh Tim Auditor Daerah dari Disnakertrans Provsu dalam 7 aspek yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus Sumber Daya Manusia (SDM), fokus pelanggan dan pasar, informasi dan analisis, manajemen proses, dan hasil-hasil usaha.

Direktur Bina Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia Estiarty Haryani menyampaikan, bahwa penghargaan ini mempunyai arti yang sangat besar karena berkaitan langsung dengan upaya besar kita bersama dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa, khususnya para pengusaha kecil dan menengah. Produktivitas haruslah merupakan gerakan seluruh komponen bangsa sehingga melalui Gerakan Produktivitas Nasional diharapkan Indonesia dapat mengatasi berbagai krisi global serta meningkatkan daya saing ekonomi bangsa dan negara Indonesia, ujar Estiarty Haryani.

Sementara itu Gubsu dalam pidatonya menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi serta menghimbau kepada para penerima penghargaan Produktivitas Siddhakarya agar dapat menularkan ilmu dan pengalamannya kepada pelaku usaha yang lain. Sehingga akan semakin banyak perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip produktivitas serta yang tak kalah penting adalah meningkatkan prestasi yang diraih hingga meningkat menjadi penerima Paramakarya Tingkat Nasional yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Untuk kategori Usaha Kecil selain Dumbo Jaya dari Kabupaten Sergai diperingkat pertama, UD Hesty, dan Ima Brownies dari Kotamadya Medan masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Turut hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Wali Kota Binjai Timbas Tarigan, Kadisnakertrans Provsu Bukit Tambunan, SKPD Provsu, pimpinan Serikat pekerja/buruh, pimpinan perusahaan dan pekerja se-Sumut, dan para pelaku usaha.

Penulis: aguswan. Editor: aan.