Siantar, hetanews.com -Penjabat (Pj) Wali Kota Jumsadi Damanik mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, khusus untuk Sumatera Utara (Sumut), akan dipusatkan di Kota Siantar.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabudpar) Kota Siantar, Fatimah Siregar. Ditemui di kantornya, Kamis (6/10/2016), Fatimah menyebutkan acara tersebut akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumateraa Utara (Gubsu) dan seluruh kepala daerah se-Sumut. "Themanya yaitu Pemuda mandiri kreatif dan menginspirasi," sebutnya.

Ditambahkan Fatimah, dalam acara tersebut banyak diadakan berbagai kegiatan. Ini akan dimulai sejak pengibaran bendera yang bertujuan untuk menghibur para peserta yang datang dari berbagai daerah.

“Sebelum upacara, tamu dan undangan akan berkumpul di rumah dinas wali kota. Dalam upacara yang jadi inspektur upacara (irup) nya langsung pak Gubsu dan dihadiri oleh organisasi-organisasi pemuda,. Kita akan banyak kegiatan lainnya, seperti pemberian penghargaan kepada pemuda pelopor," katanya.

Rencananya juga, kata Fatimah, berdasarkan rapat dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi, akan ada acara pra Sumpah Pemuda. "Rencananya juga akan ada acara kita buat untuk pra Sumpah pemuda, dengan menampilkan band-band dari pemuda-pemuda di Siantar. Selain itu, seluruh organisasi pemuda kita suruh memakai pakaian organisasinya masing-masing untuk menghadiri acara," terangnya.

Kepala Bidang Pemuda, Dispora Sumut M Tohir, yang hadir dalam rapat bersama Disporabudpar Sumut menuturkan, pemuda yang dapat hadir dalam dialog adalah berumur di bawah 30 tahun. “Nanti dari Sumut ada 50 orang. Dari siantar ada 150 orang peserta dan itu semuanya di bawah umur 30 tahun," sebut Tohir.

Dia juga menyebutkan, Surat Keputusan (SK) untuk Siantar sebagai tuan rumah telah ditetapkan oleh Gubsu. "SK nya sudah ada termasuk persiapan kegiatan, tinggal kita jalankan saja, soal teknis nanti akan kita fix kan bersama Pemko Siantar," sebutnya dalam rapat itu.