Wed 19 Sep 2018

Kim Jong-un klaim nuklir Korut buat dunia lebih aman

Kim Jong-un luncurkan rudal balistik Hwasong-10. ©REUTERS/KCNA

hetanews.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengklaim program senjata nuklirnya membuat dunia jadi lebih aman. Sebuah surat kabar pemerintah Korut menyebutkan, Kim mengklaim mencegah terjadinya 'perang nuklir' dengan Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari express.co.uk, Jumat (30/9), Kim menyebutkan dengan adanya nuklir di Korea Utara, negara lain tidak bisa menginjak-injak harga diri mereka.

"Program nuklir Korea Utara sudah mencegah AS mengambil langkah untuk melakukan perang nuklir, dan kami telah melindungi perdamaian serta keamanan negara," ucapnya dalam artikel di koran pemerintah Korut tersebut.

"Tidak ada yang bisa menginjak harga diri kami. Kedaulatan Korea Selatan sudah diinjak-injak oleh pasukan asing. Dan kehadiran Amerika Serikat di sana sumber masalah dari pelanggaran kedaulatan dan kehormatan sebuah negara, kami tidak akan seperti itu," lanjut dia.

Dalam artikel tersebut disebutkan, tujuan hidup Kim Jong-un adalah membangun kekuatan damai dan sejahtera di Korea Utara. Selain itu, mereka juga memamerkan kekuatan Pyongyang jika suatu saat terjadi perang.

"Pasukan revolusioner Korea Utara dapat menghadapi perang yang dimulai AS. Ini semangat kita untuk melawan langkah-langkah AS dengan balasan yang lebih kuat," jelasnya.

Program uji coba nuklir yang terus dilakukan Korea Utara tentunya membuat negara ini mendapat kritik dari sejumlah pihak. Komunitas global mengecam keras sejumlah langkah yang dilakukan mereka.

Amerika Serikat dan beberapa negara lain menilai aksi Korea Utara ini merupakan hal provokatif dan bisa menimbulkan ketegangan di kawasan. Bahkan negara sahabat Korea Utara seperti China, ikut mengkritik uji coba nuklir dan peluncuran roket balistik jarak jauh ini.

 

 

sumber: merdeka.com

Penulis: -. Editor: edo.