KPU minta bakal cagub-cawagub DKI lengkapi surat pajak dan ijazah

Cagub-Cawagub DKI Jakarta. ©2016 merdeka.com

hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta melaksanakan rapat pleno terbuka terkait penyerahan hasil verifikasi persyaratan dan pemeriksaan kesehatan tiga pasang bakal calon Gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Hasil verifikasi persyaratan dan pemeriksaan kesehatan telah diserahkan kepada tim pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Kami telah menyerahkan hasilnya tadi kepada para tim pasangan calon," ujar kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di kantornya, Sabtu (1/10).

Sumarno mengatakan, kendati telah menyerahkan hasil verifikasi persyaratan dan pemeriksaan kesehatan tetapi masih ada berkas yang perlu dilengkapi tiga pasangan bakal cagub-cawagub itu. Dia mengimbau, setiap pasangan calon harus memperbaiki dan melengkapi berkas-berkas yang kurang hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu pada Selasa, 4 Oktober 2016.

"Nah syarat-syarat yang kurang itu antara lain ada ijazah yang belum dilegalisir padahal harus ada legalisirnya. Ada juga yang SKCK-nya belum diserahkan. Ada juga misalnya surat bebas dari tanggungan pajak itu harus lima tahun terakhir, ada yang baru menyerahkan tiga tahun terakhir," tuturnya.

Namun Sumarno enggan merinci pasangan bakal cagub-cawagub yang belum melengkapi berkas pendaftaran. Sementara terkait dengan hasil pemeriksaan kesehatan, Sumarno mengatakan, seluruh pasangan calon dinyatakan memenuhi persyaratan yang ada.

"Tadi sudah diumumkan bahwa seluruh pasangan calon memenuhi persyaratan kesehatan, mulai dari fisik hingga bebas dari narkoba," tandasnya.

Diketahui, ada tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta untuk bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar dan Hanura, lalu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang dicalonkan Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusulkan Partai Gerindra dan PKS.

 

sumber: merdeka.com

Penulis: -. Editor: Edo.