HETANEWS

Prajurit Satgas TMMD Tinggal di Rumah Penduduk

Dua prajurit TNI menikmati makanan yang disajikan warga. (foto : Penrem 022/PT)

Simalungun,  hetanews.com - Prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 di Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, menginap di puluhan rumah penduduk.

Mereka menginap di rumah penduduk yang berdomisili di sekitaran lokasi dilaksanakannya TMMD. Bahkan, mereka juga makan bersama di rumah warga bersama pemilik rumah.

Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Czi Nyoto mengatakan, sudah menjadi program agar prajurit tidak di dalam tenda. Melainkan membaur dengan masyarakat. Mereka dibekali untuk kebutuhan makan, sehingga bisa makan bersama warga tempat mereka menumpang tinggal.

"Hal ini bertujuan untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat. Dengan demikian, TNI atau anggota kita juga menjadi tahu seperti apa keseharian yang dijalani masyarakat,” paparnya, Jumat (30/9/2016).

Lanjutnya, masyarakat juga bisa bahu membahu bersama TNI membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. Nyoto a menyebutkan di satu rumah warga, ada 3-5anggota TNI yang menginap.

Partisipasi Warga Sediakan Makanan Ringan untuk Prajurit

Sebagai ungkapan rasa terima kasih warga Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison, para ibu-ibu secara sukarela bergiliran menyediakan makanan ringan kepada prajurit yang sedang melaksanakan TMMD.

Lurah Haranggaol Lindung Tarigan ketika dihubungi menjelaskan,  sudah jauh-jauh hari pihanya mengkoordinis para ibu-ibu untuk berpartisipasi dalam kegiatan TMMD di desanya. Bentuknya adalah secara ikhlas bergantian untuk menyediakan makanan ringan untuk para prajurit dan warga yang sedang bergotong royong di lokasi proyek fisik.

"Warga semuanya antusias dan ikhlas untuk membantu sebisanya. Untuk ibu-ibu yang tidak bisa ikut gotong royong, secara bergantian akan memasak makanan ringan untuk disuguhkan kepada bapak-bapak tentara dan masyarakat yang sedang bergotong royong,’’ jelasnya.

Warga dan Prajurit Makin Akrab Selama TMMD

Kebersamaan dalam menjalankan kegiatan TMMD tahun 2016, Kodim 0207/Simalungun  tidak hanya terlihat disaat pelaksanaan pengerjaan sasaran fisik.

Akan tetapi disaat sarapan pagi makan siang, sore terlihat rukun akrab. Ini menandakan begitu dekatnya, menyatunya TNI dengan rakyat. Dengan peran serta warga masyarakat sekitar ikut membantu kegiatan TNI. salah satunya dalam menyiapkan hidangan makan siang dan malam selama kegiatan berlangsung.

“Ini yang mendekatkan kita selama TMMD yang dilakukan salah satunya makan bersama yang dihidangkan warga sekitar,” sebut Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Czi Nyoto.

Dia menjelaskan, bahwa selama ini untuk masalah makan sudah diatur semua. sudah dianggarkan yang dananya sudah diberikan kepada warga masyarakat atau ibu-ibu untuk mengolah dan menyiapkan makan siang maupun malam.

Sementara menu makanannya para anggota TNI sepenuhnya sudah diserahkan kepada ibu-ibu untuk mengatur, agar anggota semua bisa fokus untuk kegiatan TMMD.

Penulis: bt. Editor: aan.