HETANEWS.COM

Resume Medik Harus Ditandatangani Dokter RSUD Djasamen Saragih agar Bisa Klaim BPJS

SEP RSUD Djasamen Saragih.

Siantar, hetanews.com - Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BJPS) RSUD Djasamen Saragih, dr Amy Trisintia, Rabu (28/9/2016) menyebutkan, klaim pembayaran kepada BPJS Kesehatan atas pelayanan kesehatan telah selesai diberikan oleh RSUD Djasamen Saragih, maka proses verifikasi dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan  dananya akan diberikan kepada managemen rumah sakit.

Dia pun menjelaskan mekanisme administrasi BPJS yang harus dilakukan RSUD agar bisa mengklaim ke BPJS. Di fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat lanjutan, peserta menunjukkan kartu BPJS Kesehatan atau kartu lama, dan surat rujukan Faskes Tingkat Pertama kepada petugas BPJS Kesehatan Center.

Selanjutnya petugas akan menerbitkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) sebagai dokumen yang menyatakan bahwa peserta dirawat dengan biaya BPJS Kesehatan. Setelah mendapatkan SEP, pasien akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, baik untuk pelayanan rawat jalan ataupun rawat inap.

Apabila penyakit pasien dapat ditangani tanpa harus mendapatkan perawatan inap, maka boleh pulang atau dirujuk kembali ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Sedangkan untuk pasien dengan penyakit kronis, dapat masuk ke dalam program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tersebut.

“SEP adalah berkas klaim yang akan diverivikasi. SEP dikeluarkan verifikator BPJS  ke pasien, ditandatangani verifikator dan pasien,” jelas Amy Trisintia.

Menurut Amy, selain SEP, berkas klaim yang akan diverivikasi sebelum pengklaiman, antara lain hasil pemeriksaan yang menunjang seperti hasil laboratorium, resep obat-obatan, bukti pelayanan yang mencantumkan diagnosa, data-data pasien dan yang menjadi syarat utama adalah resume medis yang ditandatangani oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP).

“Untuk klaim ke BPJS itu harus ada resume medis, sebagai syarat dan itu harus ditandatangani dokter spesialis yang menangani pasien. Kalau tidak ada tanda tangan hasil verifikasi gagal dan tak dapat diklaim,” ujar Amy.

Dia juga menyampaikan, jika syarat pengklaiman rumah sakit ke BPJS Kesehatan Kota Siantar dengan RSUD Djasamen Saragih, semula sudah ditetapkan dalam perjanjian kerjasama antara BPJS dan rumah sakit disebut PKS (Perjanjian Kerjasama). “Sudah diatur dalam perjanjian BPJS dan Rumah Sakit, kalau dokter harus tanda tangani resume medis,” ucapnya.

Prosedur dan persyaratan mendapatkan layanan faskes rujukan tingkat lanjut dan rawat jalan tingkat lanjutan, peserta membawa identitas BPJS Kesehatan serta surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama. Peserta melakukan pendaftaran ke RS dengan memperlihatkan identitas dan surat rujukan.

Ini untuk melakukan pengecekan keabsahan kartu dan surat rujukan serta melakukan input data ke dalam aplikasi SEP dan melakukan pencetakan SEP. Selanjutnya petugas BPJS Kesehatan melakukan legalisasi SEP.

Penulis: tim. Editor: ebp.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!