HETANEWS

Mahkamah Agung Keluarkan Putusan Kasasi Sutardodo

Foto : screenshot putusan kasasi Sutardodo di kepaniteraan Mahkamah Agung.

Siantar, hetanews.com - Kasasi terdakwa oknum personil Polresta Siantar, Briptu Eriwan Sutardodo Simarmata di Mahkamah Agung (MA) telah diputuskan. Putusan ini terkait kasasi dua pihak pemohon, yakni Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Sutardodo sendiri.

Dari situs kepaniteraan MA dengan nomor register 1328 K/PID.SUS/2016 dengan pengadilan pengaju dari Siantar. Sedangkan nomor surat pengantar yakni W2.U2/1088/PID.01.10/VI/2016 dengan tanggal masuk pada 21 Juni 2016.

Putusan ini dikeluarkan tiga hakim, yakni Surya Jaya, Sri Murwahyuni dan Artidjo Alkostar dengan panitera pengganti Muhammad Eri Justiansyah. Adapun tanggal putus pada 21 September 2016.

Namun, dari hasil putusan ini kurang diketahui maknanya karena putusannya berisi menolak kasasi terdakwa (Sutardodo) dan menolak perbaikan kasasi JPU.

Belum diketahui arti dari putusan tersebut karena salinan putusan resmi belum sampai ke pihak terdakwa dan JPU. Apakah kasasi setuju dengan putusan di PN Siantar atau di PT Medan atau bahkan MA punya putusan tersendiri.

Sebelumnya, terdakwa Eriwan Sutardodo Simarmata diputuskan oleh Pengadilan Negeri (PN) Siantar dengan pidana penjara selama 12 tahun, denda Rp 1 miliar atau subsider 4 bulan pidana penjara sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 112 ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Pada saat banding. hakim di Pengadilan Tinggi (PT) Medan memutuskan terdakwa Sutardodo dengan hukuman pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 800 juta atau subsider pidana penjara selama 3 bulan.

Putusan PT Medan ini tertuang dalam putusan Nomor 120/PID.SUS/2016/PT-MDN hasil permusyawaratan majelis hakim dipimpin Dharma E Damanik serta hakim anggota Jannes Aritonang dan Ade Komarudin yang dibacakan dalam sidang terbuka umum, Selasa (19/4/2016).

Penulis: ndo. Editor: ebp.