Simalungun, hetanews.com - Sinergitas dan kemanunggalan dalam meningkatkan budaya gotong royong perlu digalakkan kembali sehingga menghasilkan hal yang bermanfaat, apalagi selama ini sikap gotong-royong di masyarakat mulai mengendur.

Demikian disampaikan Komandan Korem 022 Pantai Timur, Kolonel Inf Gabriel Lema melalui Kepala Penerangan, Mayor Inf Rudi Junianto, dimintai tanggapannya tentang program TMMD ke 97 2016 yang melibatkan unsur TNI dan masyarakat.

Ia mengatakan, program TMMD yang meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan TMMD di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, saat ini tengah berlangsung, dapat menimbulkan semangat gotong royong yang kokoh.

Program ini diharapkan mampu  menumbuhkan kesadaran membangun dan semangat gotong royong bagi warga setempat karena gotong royong merupakan wujud kebersamaan dan sebagai salah satu titik sentral dalam upaya mendukung keberhasilan program pembangunan. "Karena Implementasi budaya gotong royong telah mengakar cukup kuat di negara kita," ujarnya.

Lanjutnya, gotong-royong yang sudah terjalin diharapkan agar kiranya dikembangkan kepada masyarakat lainnya untuk dijadikan contoh sehingga keberadaannya semakin kental ditengah-tengah masyarakat. "Jangan sampai hal itu (kebersamaan) menjadi kendur. Saya kira kita semua harus menjaga dan merawatnya," tegas Rudi, Jumat (23/9/2016).

Kehadiran sejumlah pasukan loreng yang berbaur dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap segala kebutuhan masyarakat. “Kami ingin tetap menjadi bagian dari masyarakat, entah itu sebagai teman maupun keluarga, sebab kami datang memang untuk membantu masyarakat," ujar Kasdim 0207/ Simalungun, Mayor Inf Adi Sutrisno, Jumat (23/9/2016).

Kemanunggalan TNI ini juga, lanjut Kasdim, terlihat setiap hari sejak pagi hingga sore puluhan aparat TNI yang berbaur bersama masyarakat melakukan kegiatan gotong royong membangun jalan dan sarana infrastruktur lain secara bersama-sama, seperti kata pepatah berat sama dipikul ringan sama di jinjing.

Bahkan, sampai makan pun anggota TNI tetap bersama dengan masyarakat. Ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI, bukan rekayasa,  tegas Mayor Inf Adi Sutrisno.

Sementara, Lurah Haranggaol Lindung Tarigan mengaku sangat bersyukur dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kodim 0207/Simalungun yang telah menempatkan program pembukaan jalan baru di wilayah Kecamatan Haranggaol Horison.

Dirinya juga mengatakan, kehadiran anggota TNI cukup terasa bagi seluruh warga desa. Lantaran siang bekerjasama membangun jalan, dan malam melakukan ronda malam bersama masyarakat.

"Kami heran, apa anggota TNI ini tidak mengenal lelah dan capek. Dari pagi sampai siang bekerja gotong royong, tetapi malamnya pun ikut melakukan ronda malam. Ini yang membuat kami merasa sangat dekat dengan TNI,” ungkapnya.