Fri 18 Jan 2019

Simpan Sabu di Sepatu, Warga Sibatu-Batu Terancam “Goll” 6 Tahun

Terdakwa Dharma Pardamean Sinaga saat menjalani persidangan di PN Siantar.

Siantar, hetanews.com – Aparat Polresta Siantar membekuk bandar narkoba yang merupakan target operasi (TO). Dari tangan Dharma Pardamean Sinaga (36), petugas berhasil menyita 10 paket sabu dan duit sebanyak 18 juta rupiah. Penangkapan warga jalan Sibatu-batu, Kelurahan Bahkapul,Kecamatan Siantar Sitalasari berlangsung di rumah Darma, Selasa (15/03/2016) sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca: Bandar Narkoba Target Operasi Diborgol Polresta Siantar

Kini, bandar sabu yang ditangkap atas pengembangan atas dua orang kepemilikan sabu yaitu Kardo dan Sangkot yang ditangkap pada Jumat malam (12/02/2016), termasuk juga informasi yang diberikan masyarakat kepada polisi harus menjadi pesakitan karena disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamisn (22/09/2016).

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ana Lusiana sebelum membacakan tuntutannya, yang menjadi pertimbangan yaitu hal yang memberatkan kalau perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal meringankan yakni terdakwa berterus terang dalam keterangannya di persidangan.

“Menyatakan terdakwa Dharma Pardamean Sinaga terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang diatur dan diancam dalam pasal 114 ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika. Menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman pidana penjara selama 6 tahun,” kata Ana.

Selain hukuman penjara, Ana juga menuntut agar terdakwa dikenakan denda sebesar Rp 1 Milyar subsidair penjara selama 6 bulan. Setelah mendengarkan tuntutan itu, majelis hakim yang dipimpin Pasti Tarigan menutup sidang untuk dilanjutkan pekan depan dengan agenda nota pembelaan (pledoi) dari terdakwa.

Diketahui, bahwa terdakwa dibekuk oleh Polresta Siantar dirumahnya yang sebelumnya sudah menjadi TO. Dari terdakwa ditemukan barang bukti berupa 10 paket sabu, 1 bungkus ganja kering, uang senilai Rp 18 juta, dua unit handphone.

Baca: Bandar Narkoba Simpan Sabu dan Ganja di Sepatu

Penulis: ndo. Editor: ebp.