HETANEWS

Pemain dan Penjaga Jackpot Sama di Penjara

Pemain dan Penjafa Jackpot sewaktu di PN Siantar.

Siantar, hetanews.com – Dua pemain dan satu orang penjaga permainan judi mesin jenis jackpot yang diamankan Polresta Siantar pada Sabtu (16/04/2016), dari sebuah ruko di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara dihukum pidana penjara yang sama oleh majelis hakim.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (22/09/2016), ketiga terdakwa dengan dua berkas perkara beragendakan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), Flora Rajagukguk.

Ketiga terdakwa yakni Sudirman Sidauruk (30), warga Jalan Ahmad Yani Gang Aman, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur. Chandra Irwansyah Pane (26), warga Jalan Patuan Anggi gang Rama, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara dan si penjaga jackpot Sunar Saragih (44), Jalan Mojopahit gang BKIA, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara.

Melalui pertimbangan yakni hal yang memberatkan bahwa perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam membasmi judi. Sedangkan hal yang meringakan kalau terdakwa sopan selama persidangan, belum pernah dihukum, menyesali dan mengakui perbuatannya.

“Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 303 ayat (1) bis KUHPidana dan menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman pidana penjara selama 8 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan,” ujar Jaksa Flora.

Setelah mendengarkan tuntutan jaksa, majelis hakim yang dipimpin Lodewyk Simanjuntak kemudian menanyai satu persatu terdakwa apakah ada mengajukan nota pembelaan secara tertulis atau lisan yang dijawab terdakwa melalui lisan.

“Mohon diringankan pak Hakim. Saya menyesal. Saya tulang punggung keluarga dan saya belum pernah dihukum,” ucap terdakwa Sunar Saragih sambil meneteskan air mata. Nota pembelaan dua terdakwa lainnya tidak jauh beda dengan pembelaan Sunar Saragih namun tanpa meneteskan air mata.

Mendengar itu, hakim ketua menskors persidangan untuk musyawarah majelis hakim mengambil keputusan. Dari putusan hakim, ketiga terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan. Berkurang dua bulan dari tuntutan jaksa. Atas putusan itu, ketiga terdakwa maupun jaksa menerimanya.

Penulis: ndo. Editor: ebp.